Menkominfo Berharap Nadiem Masukan Keahlian Digital dalam Kurikulum

Fahmi Ahmad Burhan
9 Desember 2019, 18:50
menteri Kominfo Johnny G Plate berharap, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memasukan beragam keahlian terkait digital dalam kurikulum, bukan hanya pemrogaman (coding)
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, pameran startup teknologi dan inovasi industri anak negeri di Hall B JCC, Jakarta, pada Kamis (3/10).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate berharap, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memasukan beragam keahlian terkait digital dalam kurikulum. Keterampilan itu seperti pemrogaman (coding), big data hingga kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Ia mengatakan, Indonesia butuh lebih banyak talenta digital ke depannya. “Tidak hanya coding, kemampuan digital lainnya seperti big data itu perlu,” kata Johnny di Jakarta, hari ini (9/12).

Johnny mengakui bahwa penetapan kurikulum merupakan wewenang Nadiem. Namun, berdasarkan data McKinsey and Company, Indonesia kekurangan 600 ribu talenta digital setiap tahunnya. Pada 2030, kekurangan itu diprediksi mencapai 9 juta orang.

Karena itu, menurut dia penting bila keahlian terkait digital masuk ke dalam kurikulum. “Itu sebagian dari tugas yang harus disiapkan Indonesia. Kominfo ambil inisiatif melalui beasiswa,” kata Johnny.

(Baca: Ini Tantangan Nadiem Sebagai Mendikbud di Era Digital)

Kementerian Kominfo telah memberikan beasiswa terkait digital kepada 25 ribu peserta pada tahun ini. Kementerian berencana meningkatkan jumlah peserta menjadi 50 ribu pada 2020.

Program beasiswa tersebut dikerjakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Kominfo. "Ini (beasiswa) tidak banyak, tapi bagian dari komitmen. Ini untuk memenuhi kekurangan talenta digital per tahunnya," kata Johnny.

Di Singapura, pemerintahnya menerapkan program Code For Fun (CFF) pada 2020. Seluruh siswa sekolah dasar (SD) di negeri jiran itu pun akan mempelajari pemrograman alias coding tahun depan.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...