Kementerian BUMN Bakal Tutup Anak Usaha Garuda yang Tak Produktif

Image title
13 Desember 2019, 17:33
garuda indonesia, anak dan cucu usaha, kementerian BUMN
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi. Garuda Indonesia dinilai memiliki terlalu banyak anak dan cucu usaha.

Kementerian BUMN bakal menutup anak dan cucu usaha PT Garuda Indonesia Tbk yang dinilai tak produktif. Anak dan cucu usaha yang terlalu banyak dinilai hanya menambah beban operasional maskapai BUMN itu. 

"Kami akan review semua, misal ada anak dan cucu Garuda ada yang tidak produktif, akan kami tutup," ujar Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo usai menggelar pertemuan dengan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Kamis (13/12).

Kartika menilai garuda Indonesia memiliki terlalu banyak anak dan cucu usaha. Sejauh ini, ia melihat hanya dua perusahaan yang memberikan kontribusi cukup baik, yakni PT Aeorowisata dan PT Garuda Maintenance Facility Aero Asia (GMFAA).  

(Baca: Sebut Garuda Tauberes Indonesia, Erick Thohir Tak Bisa Menahan Tawa)

Kendati demikian, hingga kini pihaknya belum mendapatkan laporan keuangan seluruh anak perusahaan maskapai itu. Adapun Kementerian BUMN akan mengkaji ulang bisnis dan kinerja keuangan dari anak dan cucu usaha BUMN itu sebelum membuat keputusan. "Kami review semua," tegasnya. 

Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya tak bisa menahan tawa saat membahas anak dan cucu usaha Garuda Indonesia. Pasalnya, ia baru mengetahui terdapat cucu usaha Garuda Indonesia yang bernama Garuda Tauberes Indonesia. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...