Pertamina Hulu Energi Tak Akan Berinvestasi di Blok B Tahun Depan

Image title
17 Desember 2019, 11:13
Pertamina Hulu Energi (PHE NSB) belum berencana melakukan kegiatan investasi di blok NSB tahun depan.
Pertamina Hulu Energi
Ilustrasi blok migas Pertamina Hulu Energi.

Pengelola Blok North Sumatra B (NSB), Pertamina Hulu Energi (PHE NSB) belum berencana melakukan kegiatan investasi di blok minyak dan gas (migas) tersebut pada tahun depan. Sebab, ada kendala dari sisi kontrak.

Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) Teuku Muhammad Faisal mengatakan, belum ada kejelasan terkait perpanjangan kontrak sementara di blok migas tersebut. "Belum ada investasi. Selama setahun ke depan belum ada investasi,” kata dia kepada Katadata.co.id, hari ini (17/12).

Sebenarnya, Pertamina memang belum melakukan kegiatan investasi apapun di Blok NSB pada 2018 dan 2019. Padahal, perusahaan telah menganggarkan biaya operasional (operating expense/opex) untuk biaya operasi dan layanan pada periode tersebut.

"Untuk penambahan unit dan aset eksplorasi itu tidak ada,” kata Faisal. Hal itu karena terbentur persoalan kontrak. (Baca: Hanya Dapat Kontrak Sementara, Pertamina Jamin Produksi Migas Blok NSB)

Karena itu juga, Pertamina Hulu Energi enggan melakukan investasi tambahan mengingat kontraknya hanya enam bulan. “Kalau tidak pasti mereka agak ragu nanti bagaimana pengembaliannya," kata Faisal.

Pertamina Hulu Energi hanya mendapatkan perpanjangan kontrak sementara selama setahun di Blok NSB, Aceh Utara. Perpanjangan kontrak Blok NSB berlaku mulai 18 November 2019.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...