Tambal Kebutuhan Dana, Pemerintah Siapkan KUR untuk Peremajaan Sawit

Rizky Alika
19 Desember 2019, 19:54
Buah Sawit
ANTARA FOTO/Akbar Tado
Pekerja memperlihatkan biji buah sawit di perkebunan sawit Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi barat, Sabtu (25/3). Pemerintah menyiapkan skema pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk peremajaan (replanting) kelapa sawit.

Pemerintah menyiapkan skema pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk peremajaan (replanting) kelapa sawit rakyat. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, skema penyaluran tersebut diharapkan dapat menjangkau target replanting sawit pemerintah seluas 500 ribu hektare.  

Airlangga mengatakan, skema tersebut telah didiskusikan dengan Wakil Presiden Ma’ruf Amin. “Kami akan kembangkan KUR berbasis replanting sawit untuk 500 ribu hektare,” ujar dia.

Selain itu, pemerintah juga tengah mempertimbangan penyaluran KUR untuk peremajaan karet. 

(Baca: BPDPKS Rancang Strategi Percepatan Pencairan Dana Peremajaan Sawit )

Direktur Jenderal Perkebunan, Kasdi Subagyono mengatakan, KUR sawit akan digunakan untuk menambah kebutuhan pendanan replanting yang sebelumnya diberikan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

“Jadi prinsipnya replanting didukung pembiayaan bank, salah satunya instrumen KUR,” kata dia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (19/12).

BPDPKS sebelumnya menyiapkan dana replanting sebesar Rp 25 juta per hektare. Namun rupanya, dana tersebut hanya cukup untuk pengelolaan tanaman pada tahun pertama (P0). Oleh karena itu, pemerintah memberikan bantuan KUR untuk mendukung proses penanaman hingga tanaman menghasilkan tahun pertama (TM1).

Pemerintah menargetkan bakal meremajakan 500 ribu hektare sawit dalam tiga tahun ke depan. Artinya, per tahun akan ada 180 ribu hektare lahan sawit yang diremajakan. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...