Texcal Mahato Pindah Pengeboran ke Sumur PB-2 Blok Mahato

Image title
23 Desember 2019, 20:47
Texcal Mahato Pindah Pengeboran dari sumur pb-1 ke Sumur PB-2 Blok Mahato
Katadata
Ilustrasi Blok Migas.

Texcal Mahato telah menguji coba pengeboran sumur eksplorasi PB-1 Blok Mahato. Meski begitu, perusahaan belum mendapat hasil tes yang bersifat kesimpulan atau konklusif.

Karena itu, perusahaan berencana memindahkan pengeboran ke sumur PB-2. "Sumur PB-1 sudah uji coba, namun belum konklusif. Maka, kami putuskan pindah dulu untuk drill sumur PB-2 yang berada di wellpad sama," kata Deputi Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Julius Wiratno kepada Katadata.co.id, hari ini (23/12).

Julius menjelaskan, status Blok Mahato saat ini merupakan blok eksplorasi yang dikelola oleh Texcal Mahato. Perusahaan pun berkomitmen mengebor dua sumur eksplorasi yakni PB-1 dan PB-2.

"Komitmen dua sumur eksplorasi, PB-1 dan PB-2. Nilai investasi dua well sekitar US$ 7 juta," kata Julius. (Baca: SKK Migas Ungkap Temuan Minyak di Blok Kuala Pambuang)

Blok Mahato merupakan blok hasil lelang melalui mekanisme penawaran langsung tahap pertama pada 2012. Konsorsium yang menang lelang blok tersebut yakni Texcal Mahato EP Ltd-Bukit Energy Central Sumatra (Mahato) Pte Ltd-Central Sumatra Energy Mahato Ltd. Nilainya US$ 8,6 juta, dengan bonus US$ 1 juta.

Sebelumnya, SKK Migas juga mengungkapkan temuan minyak oleh kontraktor Mentari Kuala Pambuang di Blok Kuala Pambuang. Perusahaan itu pun tengah menguji coba produksi dengan teknik Drill Stem Test (DST) guna menghitung cadangan minyak di blok migas tersebut.

Adapun penemuan minyak didapat dari hasil pengeboran sumur eksplorasi dengan kedalaman 3900 kaki. "Sepertinya hasil tes positif, tapi belum konklusif,” kata Julius, beberapa waktu lalu.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...