Serikat Pekerja Garuda Inginkan Pemimpin yang Paham Keuangan

Image title
3 Januari 2020, 18:11
Garuda Indonesia, Calon Dirut Garuda, Dirut Baru Garuda, IKAGI
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pesawat Garuda di Hangar GMF, Tanggerang, Banten.

Garuda Indonesia kemungkinan sudah memiliki bos baru sebelum akhir Januari ini. Hal itu seiring akan dilaksanakannya rapat umum pemegang saham pada 22 Januari mendatang. Serikat Pekerja Garuda Indonesia (IKAGI) berharap sosok yang terpilih adalah yang memahami soal keuangan.

Ketua IKAGI Zaenal Mutaqqin mengatakan sesuai anggaran dasar dan rumah tangga (AD/ART) perusahaan, jajaran direksi harus merupakan orang yang berkompeten di industri penerbangan. Selain itu, ia berpendapat Garuda memerlukan sosok yang memahami soal keuangan. Harapannya, kinerja keuangan Garuda membaik dan beban utangnya bisa berkurang.

"Dia harus mengerti perpajakan, pengelolaan keuangan, jadi latar belakangnya orang yang mengerti tentang keuangan. Pastinya itu sejalan dengan utang garuda," kata Zaenal kepada Katadata.co.id, Jumat (3/1). Selain itu, sosok tersebut harus bebas dari kepentingan pribadi atau kelompok, dan memiliki integritas, sehingga tidak menimbulkan konflik internal.

(Baca: Risiko Bayangi Garuda untuk Selesaikan Tumpukan Utang Jangka Pendek)

Ia menyatakan tidak memiliki sosok tertentu untuk didorong menjadi dirut baru Garuda. Sebab, memilih pemimpin bukan kewenangannya. Pihaknya hanya sebatas memberikan masukan soal kriteria yang diharapkan pegawai. Sebelumnya, Zaenal dan kawan-kawan sempat bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir saat hangat-hangatnya kasus penyelundupan Harley dan Brompton yang membelit direksi Garuda.

Adapun harapan Zaenal soal sosok yang paham tentang keuangan memang bukan tanpa alasan. Keuangan Garuda memang tengah jadi sorotan, terlebih setelah skandal laporan keuangan, beberapa waktu lalu. Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bursa Efek Indonesia (BEI), dan Kementerian Keuangan menyatakan Garuda memanipulasi laporan keuangan tahun 2018. Manipulasi tersebut menyebabkan pendapatan perusahaan melonjak sehingga berhasil membukukan laba.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...