Cuaca Ekstrem, Menkominfo Minta Operator Antisipasi Gangguan Jaringan

Fahmi Ahmad Burhan
8 Januari 2020, 17:59
Cuaca Ekstrem, Menkominfo Minta Operator Antisipasi Gangguan Jaringan.
ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Teknisi melakukan perawatan menara BTS 4G milik XL Axiata yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Pemerintah meminta operator telekomunikasi mengantisipasi jaringan infrastruktur saat cuaca ekstrem.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memproyeksikan cuaca ekstrem masih akan berlangsung dalam sepekan ke depan. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meminta operator seluler untuk mengamankan infrastuktur telekomunikasi, guna meminimalisir terjadinya gangguan.  

Berdasarkan proyeksi BMKG, masih ada potensi hujan lebat disertai petir pada 9-12 Januari 2020. Cuaca ekstrem itu kemungkinan terjadi hampir semua wilayah di Indonesia termasuk DKI Jakarta.  

"Perlu quick response (operator) agar pelayanan telekomunikasi dan informatika bisa berjalan dengan baik," ujar Johnny di Jakarta pada Rabu (8/1). 

Secara teknis, beberapa operator sudah siap menangani gangguan infrastuktur telekomunikasi. Namun, beberapa persiapan menurutnya tetap harus dilakukan agar layanan telekomunikasi bisa tetap berjalan. 

"Misalnya, ketika terendam air banjir luar biasa, PLN harus matikan listrik, maka power supply kurang dan  BTS (Base Transceiver Station) mati. Operator harus sudah tahu siapkan mobile genset," katanya.

(Baca: Kominfo Minta Operator Segera Pulihkan Infrastruktur Terdampak Banjir)

Kemenkominfo mencatat, hingga Selasa (7/1) masih ada 46 unit BTS atau sekitar 0,2% dari total BTS yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang belum berfungsi akibat banjir awal tahun. 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...