AS & Iran Konflik, Pemerintah Dinilai Perlu Ajukan APBN Perubahan 2020

Agatha Olivia Victoria
9 Januari 2020, 21:05
AS dan Iran Konflik, Pemerintah Dinilai Perlu Ajukan APBN Perubahan 2020
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi, Menkeu Sri Mulyani (tengah) memberikan keterangan pers terkait laporan APBN 2019 di Jakarta, Selasa (7/1/2020).

Beberapa ekonom menilai, pemerintah perlu mengajukan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2020. Sebab, konflik Iran dan Amerika Serikat (AS) yang berkepanjangan bisa berdampak pada perekonomian.

Direktur Riset Center Of Reform on Economics Piter Abdullah Redjalam mengatakan, konflik AS dan Iran secara terus menerus akan berdampak negatif terhadap APBN 2020. "Terlepas krisis di Timur Tengah, saya kira pemerintah memang perlu APBN-P 2020," katanya kepada Katadata.co.id, Kamis (9/1).

Advertisement

Konflik AS dan Iran akan mendorong kenaikan harga minyak dunia. Hal ini bisa membuat subsidi energi, termasuk Bahan Bakar Minyak (BBM) membengkak.

(Baca: Kementerian ESDM Respons Dampak Konflik AS-Iran terhadap Harga BBM)

Perselisihan kedua negara itu juga dapat menyebabkan aliran modal masuk (capital inflow) berkurang. Hal itu akan berdampak terhadap nilai tukar rupiah yang melemah. Untuk kemudian, kondisi ini berpengaruh negatif terhadap APBN 2020.

Menurut dia, berbagai asumsi pada APBN 2020 bakal meleset jika pemerintah tidak segera mengajukan perubahan. "Dampaknya angka-angka yang tercantum di APBN 2020 tidak kredibel lagi," kata dia.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Direktur Institue of Development for Economic and Finance (Indef) Eko Listyanto. Ia menilai konflik AS dan Iran mengerek harga minyak dunia.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement