Pasokan Terjaga, Gapki Ramal Harga Sawit Membaik Kuartal I 2020

Image title
9 Januari 2020, 11:36
Pasokan Terjaga, Gapki Ramal Harga Sawit Membaik Kuartal I 2020.
ANTARA FOTO/Akbar Tado
Ilustrasi bijih sawit. Harga minyak sawit mentah (CPO) diprediksi meningkat pada kuartal I 2020.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) memperkirakan industri minyak sawit relatif stabil tahun ini. Harga minyak sawit mentah (CPO) diprediksi meningkat pada kuartal I 2020, terpengaruh kondisi pasokan dan permintaan di domestik maupun global yang lebih seimbang.

"Jadi tahun ini supply and demandnya lebih tepat. Sehingga ini yang akan menjadi faktor fundamental peningkatkan harga," kata Ketua Umum Gapki, Joko Supriyono saat ditemui di kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (8/1).

Harga minyak sawit mentah (CPO) di Bursa Malaysia Derivatif Exchange pada perdagangan Kamis (8/1) berada di level RM 3.041 atau lebih rendah dibanding posisi pada awal tahun yang diperdagangkan di level RM 3.130.

(Baca: Ekspor Sawit hingga Oktober Naik Tipis, Konsumsi Domestik Melesat)

Adapun pada kuartal selanjutnya, Gapki masih akan melihat beberapa faktor lainnya. Pada kuartal II dan III, produksi minyak sawit biasanya relatif meningkat.

Namun dengan adanya kebakaran hutan perkebunan sawit tahun lalu, pihaknya akan melihat dampaknya terhadap jumlah pasokan dan produksi CPO. 

"Teorinya kebakaran hutan akan berpengaruh, tapi harus dibuktikan dulu tahun ini, jadi belum bisa kira-kira paling. Untuk kuartal I ini supplynya cukup ketat, jadi harganya masih oke," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...