Target Untung, Startup Asal India OYO PHK Ribuan Karyawan

Fahmi Ahmad Burhan
15 Januari 2020, 11:06
Target Untung, Startup Asal India OYO PHK Ribuan Karyawan
OYO
Ilustrasi, aplikasi OYO.

Startup properti asal India, OYO melakukan Pemutusah Hubungan Kerja (PHK) terhadap ribuan karyawannnya. Perusahaan yang mendapat suntikan dana dari SoftBank ini ingin meraup untung.

Langkah serupa juga ditempuh Bukalapak di Indonesia pada tahun lalu. Menurut sumber Economic Times, OYO memecat 2.400 orang atau sekitar 20% dari total karyawan di India selama sepekan ini.

Pegawai yang di-PHK menempati posisi manajemen menengah, pengembangan bisnis, penjualan dan peran operasi, serta divisi teknologi. "Tujuannya untuk menurunkan jumlah karyawan sebanyak 20%, setidaknya," kata seorang eksekutif perusahaan dikutip dari Economic Times, kemarin (14/1).

Selain di India, OYO diperkirakan mengurangi layanan di negara lain. Pekan lalu, Bloomberg melaporkan bahwa startup itu telah memecat 5% dari 12 ribu pegawai di Tiongkok.

(Baca: PHK Karyawan, Bukalapak Ingin Jadi Unicorn Pertama yang Cetak Untung)

Padahal, Negeri Tirai Bambu itu merupakan pasar terbesar kedua bagi OYO. "Bisnis SilverKey Oyo (untuk korporasi) hampir dibubarkan," kata eksekutif perusahaan itu.

Menurut dia, ada kemungkinan OYO merampingkan operasionalnya. Caranya, dengan menggabungkan layanan perhotelan, OYO Home, OYO Life dan SilverKey.

Sedangkan layanan non-inti lainnya seperti Weddingz, kata dia, kemungkinan investasinya akan dikurangi secara signifikan. Weddingz merupakan perusahaan pengelola acara yang berfokus pada pernikahan.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...