Jokowi Tagih Kesiapan Infrastruktur Piala Dunia U-20 dan PON XX

Dimas Jarot Bayu
17 Januari 2020, 21:57
jokowi, piala dunia, olahraga, infrastruktur
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (17/1) membahas persiapan Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari Jumat (17/1) menggelar rapat terbatas yang membahas kesiapan Indonesia menggelar dua perhelatan besar olahraga yakni Piala Dunia U-20 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Dalam rapat tersebut, Jokowi ingin anak buahnya mempersiapkan infrastruktur utama dua pesta olahraga itu dengan baik. Untuk Piala Dunia U-20, Presiden ingin stadion yang ada dapat merepresentasikan pertandingan kelas dunia. Detailnya meliputi  lingkungan, lapangan, toilet, hingga ruang media untuk para jurnalis. 

Panitia telah menyiapkan 10 stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun depan. Jokowi lalu memerintahkan renovasi di beberapa stadion jika diperlukan. "Perlu disempurnakan agar segera siap digunakan di tahun 2021,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (17/1).

(Baca: Jokowi ke PSSI: Masyarakat Indonesia Tunggu Prestasi dari Sepak Bola)

Tak hanya itu, Jokowi meminta jajarannya memantau konektivitas antara stadion dengan sarana transportasi dan akomodasi para peserta Piala Dunia U-20. Dia ingin peserta dan penonton bisa datang tepat waktu ke arena stadion. “Jangan sampai misalnya pertandingan terlambat gara-gara persoalan konektivitas,” ucap Jokowi.

Presiden juga meminta jajarannya menggunakan gelaran Asian Games dan Asian Para Games 2018 sebagai acuan dalam menghelat Piala Dunia U-20. Dengan begitu,  RI bisa dianggap sukses dalam menggelar ajang sepakbola dua tahunan ini.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...