Jokowi Tagih Kesiapan Infrastruktur Piala Dunia U-20 dan PON XX

Penulis: Dimas Jarot Bayu

Editor: Ameidyo Daud

17/1/2020, 21.57 WIB

Jokowi ingin perhelatan Piala Dunia U-20 sesukses Asian Games 2018

jokowi, piala dunia, olahraga, infrastruktur
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (17/1) membahas persiapan Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2021

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari Jumat (17/1) menggelar rapat terbatas yang membahas kesiapan Indonesia menggelar dua perhelatan besar olahraga yakni Piala Dunia U-20 dan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua.

Dalam rapat tersebut, Jokowi ingin anak buahnya mempersiapkan infrastruktur utama dua pesta olahraga itu dengan baik. Untuk Piala Dunia U-20, Presiden ingin stadion yang ada dapat merepresentasikan pertandingan kelas dunia. Detailnya meliputi  lingkungan, lapangan, toilet, hingga ruang media untuk para jurnalis. 

Panitia telah menyiapkan 10 stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 tahun depan. Jokowi lalu memerintahkan renovasi di beberapa stadion jika diperlukan. "Perlu disempurnakan agar segera siap digunakan di tahun 2021,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (17/1).

(Baca: Jokowi ke PSSI: Masyarakat Indonesia Tunggu Prestasi dari Sepak Bola)

Tak hanya itu, Jokowi meminta jajarannya memantau konektivitas antara stadion dengan sarana transportasi dan akomodasi para peserta Piala Dunia U-20. Dia ingin peserta dan penonton bisa datang tepat waktu ke arena stadion. “Jangan sampai misalnya pertandingan terlambat gara-gara persoalan konektivitas,” ucap Jokowi.

Presiden juga meminta jajarannya menggunakan gelaran Asian Games dan Asian Para Games 2018 sebagai acuan dalam menghelat Piala Dunia U-20. Dengan begitu,  RI bisa dianggap sukses dalam menggelar ajang sepakbola dua tahunan ini.

“Ini momen penting untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa besar dan negara maju yang mampu melaksanakan event internasional dengan sangat baik,” kata Jokowi.

Sementara untuk PON XX di Papua, Jokowi meminta infrastruktur pendukungnya bisa digunakan untuk kegiatan lain yang bermanfaat bagi masyarakat lokal. Karena itu, Jokowi meminta pemerintah Provinsi Papua bisa membuat rencana pemanfaatannya, terutama bagi pembinaan atlet Papua.

“Jangan sampai sarana dan prasarana olahraga yang dibangun dengan biaya tidak sedikit justru tak dimanfaatkan lagi,” kata Jokowi.

(Baca: Jokowi Pangkas Cabang Olahraga PON Papua 2020 )

Piala Dunia U-20 akan digelar pada tanggal 20 Mei hingga 11 Juni 2021. Sedangkan PON XX akan digelar pada 20 Oktober hingga 2 November 2020 mendatang.

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan