LinkAja Siapkan Strategi Hadapi WeChat Pay yang Resmi Beroperasi di RI

Cindy Mutia Annur
17 Januari 2020, 17:49
LinkAja Siapkan Strategi Hadapi WeChat Pay yang Resmi Beroperasi di RI
LinkAja
Ilustrasi platform LinkAja.

WeChat Pay resmi beroperasi di Indonesia mulai bulan ini. Perusahaan teknologi finansial (fintech) pembayaran, PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) menyiapkan strategi supaya LinkAja bisa bersaing dengan dompet digital asal Tiongkok itu.

Chief Marketing Officer (CMO) Link Aja Edward Kilian Suwignyo menilai, sebagian besar fintech pembayaran menyasar pasar di lingkup gaya hidup (lifestyle). Padahal, menurut dia lingkup yang bisa digarap sangat luas.

"Kami masuk di lingkup kebutuhan sehari-hari (daily essential), bukan lifestyle," ujar Edward di Jakarta, Jumat (17/1). Ia optimistis, fokus ini membantu perusahaan bersaing dengan WeChat Pay maupun fintech lainnya.

Karena itu, LinkAja menyediakan layanan pembayaran untuk kebutuhan sehari-hari seperti transportasi, pengisian bahan bakar hingga mitra penjual (merchant). Dompet digital bahkan sudah hadir di aplikasi Gojek, Grab dan Bonceng.

(Baca: Perkuat Layanan Transportasi, LinkAja Hadir di Gojek, Grab dan Bonceng)

Selain itu, layanan pembayaran LinkAja bisa digunakan untuk transportasi seperti Blue Bird, KAI, Trans Semarang, Damri, Railink, Garuda Indonesia, Citilink, MRT, LRT di Palembang. “Penggunaannya (usecase) untuk sehari-hari,” kata Edward.

Adapun WeChat Pay merambah pasar Indonesia menggunakan jaringan Bank CIMB Niaga. Bank Indonesia (BI) juga sedang memproses perizinan Alipay.

Direktur Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan menjelaskan, perusahaannya telah mempersiapkan mesin electronic data capture (EDC) supaya dapat memproses pembayaran lewat WeChat Pay dan Alipay. "Januari kami set up mesin EDC,” kata dia beberapa waktu lalu.

Melalui kerja sama itu, mesin EDC CIMB Niaga dapat melayani transaksi turis Tiongkok dan negara lain yang menggunakan Wechat Pay dan Alipay. Selain CIMB, kedua perusahaan asal Negeri Tirai Bambu itu bekerja sama dengan BCA.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...