WhatsApp Down, Facebook Tunda Rencana Pasang Iklan

Pingit Aria
20 Januari 2020, 11:49
Aplikasi Whatsapp WA
PXHERE.COM

Layanan WhatsApp dilaporkan mengalami gangguan secara global, termasuk Indonesia pada Minggu (19/1) petang. Sejumlah pengguna mengaku tidak bisa mengirim pesan multimedia apapun.

Tak hanya gambar, video, pengguna WhatsApp juga kesulitan mengirim GIF, stiker, file, dokumen, pesan suara (voice note), maupun membuat WhatsApp Status.

Sedangkan, layanan lain seperti pesan teks, kontak, dan panggilan suara atau video, masih bisa dilakukan. Selain itu, pengiriman media juga masih dimungkinkan dengan cara meneruskan (forward) pesan dari pengguna lain.

Situs Downdetector, pada Minggu (19/1) petang mencatat ratusan laporan WhatsApp error. Dilihat dari sebaran peta, gangguan WhatsApp tidak terjadi secara merata di seluruh dunia. Di antara kawasan yang terdampak adalah sebagian Eropa, kemudian Arab Saudi, Kuwait, Malaysia, India, dan Indonesia. Belum ada pernyataan resmi dari pihak WhatsApp atau Facebook terkait gangguan tersebut.

Bagaimanapun, tumbangnya WhatsApp hampir bersamaan dengan berhembusnya kabar bahwa Facebook menunda rencana pemasangan iklan pada aplikasi perpesanan tersebut.

(Baca: Bersaing Ketat dengan Facebook, TikTok Gaet iFlix Perkuat Pasar Asia)

Dilansir oleh Wall Street Journal pada Kamis (16/1) pekan lalu, Facebook sebagai perusahaan induk telah membubarkan tim yang disiapkan untuk mengkaji langkah monetisasi WhatsApp. Meski, rencana itu tak sepenuhnya dibatalkan. "Iklan akan tetap menjadi peluang jangka panjang bagi perusahaan," demikian dikutip.

Facebook memang maju mundur dalam upayanya monetisasi WhatsApp. Sebelumnya, perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg itu juga sempat mewacanakan penerapan WhatsApp berbayar bagi pengguna yang ingin aplikasinya bersih dari iklan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...