Benny Tjokro Diduga Pakai Nama Anak Buah dalam Investasi Jiwasraya

Image title
22 Januari 2020, 04:12
jiwasraya, kejaksaan agung, benny tjokrosaputo
hanson.co.id
Benny Tjokrosaputro menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi Jiwasraya.

Kejaksaan Agung menduga tersangka kasus dugaan korupsi  Benny Tjokrosaputro  mencatut nama-nama karyawannya dalam proses investasi saham dari PT Asuransi Jiwasraya (Persero). Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI, Hari Setiyono, menyebut langkah ini digunakan Komisaris PT Hanson International Tbk tersebut untuk menyamarkan transaksi.

Benny Tjokro diduga menggunakan nama karyawan Hanson yakni Jennifer Handayani dan Meitawati Widiyana Ningsih untuk menerima investasi saham Jiwasraya dengan nilai masih dirahasiakan. "Dipakai seperti apa itu sudah materi penyidikan nanti akan kami sampaikan lebih lanjut," kata Hari saat ditemui di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Selasa (21/1).

Selain itu kejaksaan juga menemukan pola yang sama dalam pengelolaan investasi pribadi Benny. Benny diduga mencatut tiga nama yakni Erda Darmawansanti, Djulia, dan Leonard Lonto untuk mengelola apartemen pribadinya di South Hill, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

(Baca: PPATK Mulai Usut Aliran Dana Mencurigakan di Jiwasraya dan Asabri)

Hari menjelaskan, tersangka kasus dugaan korupsi Jiwasraya lainnya menggunakan pola yang sama dengan Benny. Namun, ia tidak menyebutkan tersangka lain yang juga mencatut nama. Mereka yang namanya digunakan untuk proses transaksi saham dari Jiwasraya yakni Dirut PT Dhana Wibawa Artha Sugianto Budiono, Direktur PT Inti Agri Resources Susan Hidayat dan Suhartanto.

Sejak pekan lalu, kejaksaan memeriksa para anak buah Benny untuk mencari bukti atas peranan Benny dalam kasus dugaan korupsi Jiwasraya. Anak buah Benny Tjokro yang telah menjalani pemeriksaan yakni sekretaris pribadi, Jani Irenawati; Direktur Independen Hanson, Adnan Tabrani; dan Sekretaris Perusahaan Hanson, Jumiah.

Penggalian informasi dari orang-orang yang bekerja dengan Bentjok tersebut untuk memetakan peran Benny dalam skandal Jiwasraya. "Pengetahuan para saksi itu yang diharapkan dapat memberikan keterangan untuk mengungkap tindak pidana yang disangkakan," kata Hari.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...