Resmikan Runway 3 Bandara Soetta, Jokowi Berharap Pelayanan Meningkat

Dimas Jarot Bayu
23 Januari 2020, 20:33
Resmikan Runway 3 Bandara Soekarno Hatta, Jokowi Berharap Pelayanan Meningkat
PT Angkasa Pura II
Ilustrasi Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Presiden Jokowi meresmikan landasan pacu (runway) 3 berukuran 3000x60 meter di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, hari ini (23/1). Ia berharap pelayanan di bandara itu meningkat.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga meresmikan East Connection Taxiway (ECT), terminal, dan gedung VIP. “Semoga setelah ini kami akan melihat kapasitas bandara meningkat lagi," kata dia di Banten, hari ini (23/1).

Jokowi didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, serta Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR/BPN) Sofyan Djalil saat meresmikan infrastruktur tersebut.

Petinggi lain yang turut hadir yakni Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

(Baca: Fasilitas Bandara Soetta Disebut Setara Bandara di Amerika Serikat)

Dengan pembangunan berbagai infrastruktur itu, kata Jokowi, kapasitas pesawat yang mendarat dan lepas landas di bandara meningkat. Runway 3 Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta misalnya, akan meningkatkan pergerakan pesawat menjadi 114 kali per jam dari sebelumnya 81 kali.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...