Bos East Ventures Ungkap Resep Meningkatkan Bisnis Startup

Desy Setyowati
30 Januari 2020, 12:42
IDE Katadata 2020, startup, East Ventures,
Katadata/Metta Dharmasaputra
Managing Partner East Ventures Willson Cuaca dalam Indonesia Data and Economic Conference (IDE Katadata 2020) di Jakarta, Kamis (30/1).

Selama ini, kinerja startup diukur dari valuasinya. Tetapi, Co-Founder sekaligus Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengungkap resep yang bisa meningkatkan kinerja bisnis perusahaan rintisan, yaitu memperluas penetrasi digital.

Ia mencontohkan, nilai transaksi (gross merchandise value/GMV) Tokopedia diprediksi tembus Rp 222 triliun pada 2019. Nilai itu setara 1,5% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

Salah satu unicorn Tanah Air itu pun menargetkan kontribusinya terhadap PDB mencapai 2% pada tahun ini.

Padahal, berdasarkan data East Ventures Digital Competitive Index (EV-DCI) 2020, ada beberapa daerah yang belum mengadopsi layanan digital. “Penetrasinya ke banyak kota masih ada gap. Artinya, Tokopedia bisa lebih besar lagi (bisnisnya),” kata Wilson dalam acara Indonesia Data and Economic Conference (IDE Katadata 2020) yang diselenggarakan oleh Katadata.co.id di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta, Kamis (30/1).

(Baca: Tokopedia Prediksi Transaksinya Tembus Rp 222 Triliun Tahun Ini)

Karena itu, Tokopedia merambah beberapa bisnis untuk membangun ekosistem digital, salah satunya logistik. Pada pertengahan tahun lalu, perusahaan e-commerce itu telah menggaet 11 penyedia layanan logisti di Tanah Air.

Tokopedia pun sudah mengembangkan fitur TokoCabang. Lewat fasilitas itu, penjual di Tokopedia bisa memanfaatkan jaringan gudang pintar untuk mengirim barang di hari yang sama ke kota lain. Disebut gudang pintar, karena e-commerce ini mengadopsi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Kemudian Bali yang menempati posisi enam dengan skor EV-DCI 40,6. Yang paling tinggi yakni dari sisi infrastrukturnya. Sekitar 97,2% wilayah di provinsi ini sudah tersedia jaringan internet generasi ketiga (3G).

(Baca: East Ventures Pimpin Investasi Rp 41 Miliar di Sekolah Coding Hacktiv8)

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...