Korban Meninggal Virus Corona di Tiongkok Kembali Naik Jadi 170 Orang

Image title
Oleh Ekarina
30 Januari 2020, 16:09
Korban Meninggal Virus Corona di Tiongkok Kembali Naik Jadi 170 Orang.
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Sejumlah penumpang berjalan di area pemindaian suhu tubuh di bandara. Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok melaporkan jumlah korban virus corona di negaranya naik menjadi 170 orang.

Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok melaporkan jumlah korban virus corona di negaranya naik menjadi 170 orang dari laporan jumlah korban sehari sebelumnya yang mencapai 132 orang. Otorita setempat juga mencatat, pasien yang terinfeksi virus mencapai 7.711 orang.

Seiring dengan maraknya penyebaran virus, beberapa negara mengevakuasi warganya dari kota Wuhan yang diduga sebagai pusat endemik, untuk mencegah penyebaran virus. 

Dikutip dari Reuters, Hampir seluruh kasus kematian virus corona berasal dari provinsi Hubei, Tiongkok bagian tengah. Virus itu terdeteksi muncul sekitar akhir Desember 2019  di pasar hewan liar di  Wuhan.

Hingga saat ini, virus tersebut diketahui telah menjangkiti 15 negara lain dengan 104 kasus yang dikonfirmasi. Tetapi tidak ada kasus kematian yang dilaporkan di luar Tiongkok.

Kota Wuhan yang berpenduduk 11 juta jiwa tersebut kini terisolir. Pemerintah Tiongkok membatasi akses transportasi guna mencegah penyebaran virus antara manusia. 

(Baca: Wabah Virus Corona Meluas, WHO Pertimbangkan Tetapkan Darurat Global)

Menteri Komisi Kesehatan Nasional China Ma Xiaowei mengatakan, virus tersebut menular selama inkubasi, yang tidak terjadi pada Sindrom Pernafasan Akut (SARS). Virus ini muncul di Tiongkok dan menewaskan sekitar 800 orang pada 2002-2003.

Komite Darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)  menyatakan, akan mengadakan pertemuan hari ini guna memutuskan apakah wabah corona Tiongkok bakal ditetapkan sebagai kondisii darurat global. 

WHO sebelumnya enggan menetapkan kondisi darurat kesehatan global, lantaran meyakini penyebaran virus  dapat ditangani pemerintah Tiongkok. 

Evakuasi Warga 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...