Pertagas Mulai Bangun Pipa Minyak di Blok Rokan Tahun Ini

Image title
11 Februari 2020, 13:48
pertamina, blok rokan
Chevron
Ilustrasi, pipa minyak di Blok Rokan. Pertamina Gas berencana memulai konstruksi pembangunan pipa di Blok Rokan pada tahun ini.

Pertamina Gas atau Pertagas siap memulai pembangunan pipa minyak di Blok Rokan pada tahun ini. Padahal induk usaha perusahaan, Pertamina, belum sepakat terkait masa transisi dengan Chevron selaku operator blok migas tersebut. 

Direktur Utama pertagas Wiko Migantoro menyebut Chevron tidak keberatan dengan rencana perusahaan membangun pipa minyak di blok tersebut mulai tahun ini. Oleh karena itu, pihaknya telah memproses tahap awal konstruksi. 

Salah satunya menentukan Final Investment Decision (FID). Jika proses FID rampung, maka proses pembangunan konstruksi bisa langsung dimulai.

"FID targetnya bulan ini selesai. Tidak perlu EPC, langsung konstruksi," ujar Wiko saat ditemui di Gedung DPR RI, Senin (10/2) malam.

Lebih lanjut Wiko mengatakan sebagian besar anggaran belanja modal (capex) perusahaan pada tahun ini akan dialokasikan untuk pembangunan pipa minyak tersebut. "Capex tahun ini US$ 280 juta, sebesar 90% untuk bangun pergantian pipa minyak Blok Rokan," kata Wiko.

Total investasi untuk pergantian pipa di Blok Rokan mencapai US$ 450 juta. "Rokan pengerjaan dua tahun, satu tahap tapi waktunya dua tahun, 2021 rampung," ujarnya.

(Baca: SKK Migas: Pertamina Tak Perlu Kaji Ulang Metode EOR di Blok Rokan )

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...