Menko Airlangga & Rombongan Menteri Serahkan RUU Omnibus Law ke DPR

Agatha Olivia Victoria
12 Februari 2020, 16:33
Menko Airlangga & Rombongan Menteri Serahkan RUU Omnimbus Law ke DPR.
Agatha Olivia / Katadata
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang ditemani Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dna sejumlah menteri menyerahkan draf RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja ke DPR. Draf RUU tersebut diterima langsung oleh Ketua DPR, Puan Maharani.

Setelah lama digodok, pemerintah akhirnya menyerahkan surat presiden (Surpres) dan draf Rancangan Undang-undang (RUU) Omnimbus Law Cipta Kerja kepada DPR. Setelah sampai ke tangan DPR, draf RUU itu nantinya akan dibahas di rapat paripurna.

Penyerahan naskah dilakukan  oleh sejumlah menteri di kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Tampak hadir, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang ditemani Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil.

(Baca: Pemerintah Tawarkan Buruh Bonus Lima Kali Gaji dalam Omnibus Law )

Hadir pula, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah, dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara. Draf RUU diterima langsung oleh Ketua DPR, Puan Maharani. 

"Kami menyerahkan surpres dan draf RUU, serta naskah akademiknya. Jadi tadi semuanya sudah dilengkapi dan ini dokumennya," kata Airlangga di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (12/2).

Setelah surpres dan RUU omnimbus law  ini diserahkan, maka selanjutkan akan dibawa ke rapat paripurna untuk kemudian dibahas di Badan Musyawarah (Bamus) DPR.  Adapun pembahasan di tingkat Bamus memungkinkan DPR membuka ruang guna mendengar aspirasi publik. 

Isi RUU menurutnya akan dipublikasikan dan disosialisasikan kepada masyarakat. Dengan begitu dia berharap, masyarakat bisa mengetahui lebih jelas tentang isi dan manfaat dari RUU ini. 

"Lalu apa dampaknya bagi perekonomian dan ini isinya murni untuk menciptakan lapangan kerja yang kini susah dicari. Apalagi dengan adanya penyebaran virus corona," ujarrnya.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...