Ekspor ke Singapura Disetop, Gas Blok Corridor Dialirkan ke Jabar

Image title
19 Februari 2020, 14:32
pasokan gas, singapura, skk migas
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pipa gas. SKK Migas (19/2) mengatakan pasokan gas Blok Corridor ke Singapura akan dialihkan ke Jawa Barat usai 2023.

Pemerintah telah menemukan wilayah baru untuk menerima pasokan gas Blok Corridor dan Blok Jabung setelah kontrak Perjanjian Jual Beli Gas Bumi (PJBG) dengan Singapura berakhir pada 2023. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyebut alokasi gas dari Negeri Singa akan dimanfaatkan untuk kebutuhan di wilayah Jawa Barat.

Gas tersebut rencananya akan dialirkan melalui pipa South Sumatra-West Java/SSWJ) milik PT Perusahaan Gas Negara (PGN). Nantinya gas dari Blok Corridor akan dimanfaatkan untuk Jawa Barat bagian Timur.

Advertisement

“Termasuk untuk kebutuhan Pabrik Pupuk Kujang, Pertamina Balongan dan industri di sekitarnya," kata Senior Manager of Pipe Gas Monetization SKK Migas Syarif Maulana Chaniago kepada Katadata.co.id, Rabu (19/2).

(Baca: BPH Migas Dukung Menteri ESDM Setop Ekspor Gas ke Singapura)

Selain itu gas juga bisa dialihkan ke Batam dan Sumatera Selatan lewat jalur pipa Grissik-Duri-Dumai. Namun SKK Migas masih mengkaji besaran penghitungan permintaan dan pasokan gas untuk pasar domestik.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement