Jokowi Resmikan Pabrik Rayon dan Benang Terbesar di Indonesia

Dimas Jarot Bayu
21 Februari 2020, 16:45
Presiden Joko Widodo mengibarkan bendera saat melepas keberangkatan truk kontainer berisi serat rayon untuk diekspor ke Turki sebanyak 10.190 ton, di pabrik Asia Pacific Rayon (APR), Kabupaten Pelalawan, Riau, Jumat (21/2/2020). APR memproduksi serat rayo
ANTARA FOTO/FB Anggoro
jokowi, joko widodo, pabrik benang, rayon, asia pacific rayon

Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini, Jumat (21/2), meresmikan pabrik rayon dan benang terintegrasi milik PT Asia Pacific Rayon di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Pabrik yang dibangun dengan investasi sebesar Rp 15,5 triliun tersebut akan menjadi pabrik rayon dan benang terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi sekitar 240 ribu ton serat rayon dan 10.000 ton benang per tahun.

Ke depannya, kapasitas produksi akan meningkat menjadi 600 ribu ton serat rayon per tahun. Pabrik ini pun dilengkapi dengan tempat persemaian pembibitan (nursery) dengan kapasitas 300 juta bibit.

"Saya tanya di mana di dunia yang memiliki persemaian sebesar yang ada di sini, di Kabupaten Pelawan? Saya kaget terus terang dengan jumlah yang begitu besar," kata Jokowi.

(Baca: BUMN Barata Indonesia Bangun Pabrik Roda Kereta Api Senilai Rp 500 M)

Jokowi mengaku senang dengan investasi untuk pembangunan pabrik rayon dan benang terintegrasi tersebut. Menurutnya, investasi tersebut akan memperkuat infustri tekstil dan produk tekstil nasional.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...