Jokowi Targetkan Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Beroperasi Lebaran 2020

Dimas Jarot Bayu
21 Februari 2020, 18:34
Jokowi Targetkan Ruas Tol Pekanbaru-Dumai Beroperasi Lebaran 2020.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) didampingi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kedua kanan), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan), Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit (kedua kiri) dan Dirut PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo (ketiga kiri) meninjau Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Dumai Seksi 1 Pekanbaru-Minas di Rumbai, Pekanbaru, Riau, Jumat (21/2). Presiden menargetkan ruas tol tersebut bisa beroperasi Lebaran 2020.

Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai, Sumatera Utara, Jumat (21/2). Progres pembangunan ruas tol sepanjang 131,48 kilometer tersebut hingga saat ini telah mencapai kurang lebih 90%.

Oleh karena itu, presiden menargetkan pembangunan jalan tol ruas Pekanbaru-Dumai ini selesai sebelum Lebaran 2020, sehingga dapat dioperasikan pada musim mudik.

"Kita harapkan nanti insyaallah akhir April selesai, bisa dipakai, sehingga saat Lebaran semuanya sudah bisa lewat di sini," kata Jokowi sebagaimana dikutip dari rilis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Advertisement

(Baca: Tujuh Fakta Tol Cisumdawu, Tol Terindah di Indonesia)

Sekadar informasi, ruas tol tersebut terdiri atas dua seksi, yakni seksi 1 yang menghubungkan Pekanbaru dan Minas, serta seksi 2 yang menghubungkan Minas dan Dumai. Sejauh ini, ruas jalan tol seksi 1 telah beroperasi terbatas saat arus mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Sebanyak 40.518 kendaraan telah melintasi seksi tersebut mulai 23 Desember 2019 hingga 2 Januari 2020. Adapun ruas tol tersebut merupakan bagian dari jalan tol Trans Sumatera yang akan menghubungkan Lampung hingga Aceh.

Adapun jalan tol Trans Sumatera akan memiliki panjang sekitar 2.974 kilometer. Rinciannya, 2.046 kilometer sebagai koridor utama dan 928 kilometer sebagai koridor pendukung.

(Baca: Membentang 189 Km, Ini Tol Terpanjang yang Pernah Diresmikan Jokowi)

Jokowi berharap seluruh ruas jalan tol Trans Sumatera bisa selesai pada 2024. Dengan demikian, jalan tol tersebut dapat mempercepat mobilitas orang dan barang.

"Semuanya arahnya ke sana, sehingga daya saing kita juga akan semakin baik," kata Jokowi.

Dalam acara peninjauan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit. Jokowi juga didampingi oleh Direktur Utama PT Hutama Karya Bintang Perbowo.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement