Sasar Sektor Pendidikan, Fintech Pintek Incar Pendanaan Tahun Ini

Fahmi Ahmad Burhan
21 Februari 2020, 06:55
Sasar Sektor Pendidikan, Fintech Pintek Incar Pendanaan Tahun Ini
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Ilustrasi, sejumlah siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kota Tasikmalaya memainkan angklung dalam rangka memeriahkan Hari Angklung Sedunia (Angklung Day) ke-9 di Balaikota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (9/12/2019).

Startup teknologi finansial pembiayaan (fintech lending) Pintek menargetkan bisa memperoleh pendanaan seri A tahun ini. Sebab, perusahaan yang berfokus menyasar sektor pendidikan ini membidik pertumbuhan 10 kali lipat.

Perusahaan rintisan ini sudah menggalang pendanaan pra seri A sejak tahun lalu. Investor asal Jerman, Global Founders Capital terlibat dalam investasi tersebut.

Global Founders Capital merupakan perusahaan modal ventura yang berbasis di Berlin, Jerman. Mereka telah membiayai lebih dari 300 startup seperti Traveloka, Lazada, Facebook, Slack, Trivago, LinkedIn, Rocket Internet, dan lainnya.

Dana segar yang diperoleh itu digunakan untuk memperkuat tim dan memperluas pasar. (Baca: Startup Pintek Bidik Pendanaan Lembaga Pendidikan dan Layanan Syariah)

Kini, perusahaan ingin meraup tambahan modal. "Masih terlalu dini. Tapi yang jelas seri A tahun ini," ujar Co-Founder Pintek Tommy Yuwono di Jakarta, Kamis (20/2).

Pintek telah menyalurkan pembiayaan Rp 47 miliar kepada 3 ribu siswa dan sekolah. Perusahaan menargetkan jumlahnya meningkat menjadi 30 ribu tahun ini. "Sampai akhir tahun paling tidak bisa capai sekitar Rp 50 miliar," ujar dia.

Perusahaan juga berencana merilis produk baru. Selain itu, Pintek ingin memperkuat pembiayaan kepada institusi seperti sekolah. "Mereka butuh dana misalnya, untuk laboratorium atau infrastruktur lain,” katanya.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...