MRT Uji Coba Publik Sistem Pembayaran QR Code Maret 2020

Image title
Oleh Ekarina
26 Februari 2020, 16:03
MRT Uji Coba Publik Sistem Pembayaran QR Code Maret 2020.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Sejumlah penumpang berjalan keluar dari Stasiun MRT Bundaran Hotel Indonesia (HI) di Jakarta, Senin (17/2/2020). MRT Jakarta bakal melakukan uji coba publik penggunaan sistem pembayaran QR Code di layanan MRT Maret mendatang.

PT MRT Jakarta akan melakukan uji coba publik sistem pembayaran QR Code untuk pengguna layanannya pada Maret 2020. Adanya sistem pembayaran nontunai (cardless) ini, diharapkan semakin mempermudah pengguna dalam mengakses transportasi massal tersebut.

Saat ini, metode pembayaran MRT yang tersedia yaitu dengan uang elektronik seperti E-Money Mandiri, Brizzi, Tapcash, Flazz, dan Jakcard. Selain itu, pembayaran bisa menggunakan kartu jelajah MRT yang bisa dibeli lewat mesin tiket otomatis atau loket.

Dikutip dari Antara, Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Muhammad Kamaludin mengatakan pihaknya sudah melakukan uji coba terbatas QR code di layanan MRT.  Adapun proses uji coba publik akan dilakukan pada Maret mendatang.

"Tapi itu juga masih terbatas," ujarnya, Rabu (26/2).

(Baca: MRT dan LRT, Semua Proyek Pengurai Kemacetan Jabodetabek)

Adapun hasil uji coba tersebut nantinya akan menentukan, apakah sistem ini bisa langsung digunakan secara terbuka oleh publik pada akhir Maret atau belum. 

"Secara teknologi kami sebetulnya sudah cukup aman dan siap, cuma kami ingin melihat dari sisi perilaku penumpangnya," ujar Muhammad Kamaludin.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...