Diterpa Isu Corona, Pameran Otomotif IIMS 2020 Tetap Digelar

Image title
Oleh Ekarina
27 Februari 2020, 14:40
Diadang Isu Corona, Pameran Otomotif IIMS 2020 Tetap Digelar.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ajang Indonesia International Auto Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta (25/4). Penyelenggara memastikan ajang pameran otomotif tahunan IIMS 2020 tetap digelar sesuai jadwal.

Penyebaran wabah virus corona yang semakin meluas hingga ke  44  negara menjadikan sejumlah penyelenggaraan acara tahunan di dunia batal digelar. Sebab, para penyelenggara umumnya khawatir dengan isu kesehatan yang saat ini tengah menjadi perhatian di dunia tersebut, ditambah dengan adanya pembatasan perjalanan di Asia dan wilayah lainnya.

Namun demikian, pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 tetap akan dilaksanakan. Perusahaan penyelengara pameran, PT Dyandra Promosindo mengatakan, salah satu pameran otomotif terbesar ini akan tetap berlangsung pada 9-19 April 2020 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Tak hanya itu, acara IIMS Makassar pada 15 hingga 19 April 2020 juga masih akan tetap digelar sesuai jadwal. "Untuk IIM 2020 tidak ada penundaan, kami masih tetap sesuai jadwal," kata , Public Relations Manager, Dyandra Promosindo, Dahnia Chairunnisa kepada katadata.co.id, Kamis (27/2).

(Baca: Antisipasi Corona, Arab Saudi Setop Kedatangan Jamaah Umrah Baru)

Selain IIMS 2020, beberapa agenda pemaran yang juga ditangani Dyandra juga  masih akan berlangsung sesuai rencana awal yaitu pameran pernikahan Indo Wedding 27-29 Maret 2020 dan Indonesian Petroleum Association Convention and Exhibition (IPA Convex) pada 2-4 September 2020 di Jakarta Convention Center (JCC).

Hal tersebut dikarenakan waktu penyelenggaraannya yang masih lama, sehingga diharapkan, situasi bisa lebih kondusif dibanding saat ini. Selain itu, beberapa peserta pameran juga sebagian besar berasal dari dalam negeri sehingga tidak ada hal yang dikhawatirkan.

Adapun sebelumnya, isu corona sempat menyebabkan salah satun event yang ditangani perusahaan ditunda sampai waktu yang belum ditentukan, yaitu pameran furnitur International Furniture Expo (IFEX) 2020 yang seharusnya dilaksanakan 12-15 Maret 2020. Padahal event tahunan ini diharapkan bisa menjaring 13.000 pengunjung dan pembeli dari dalam dan luar negeri.

Tahun lalu, pameran furnitur tersebut dihadiri sekitar 12.000 pengunjung dan pembeli, yang mana sebagian besar pembeli berasal Amerika Serikat (AS), India dan Tiongkok. "Pembeli dari mainland Tiongkok memang yang terbesar ketiga menurut data tahun lalu, tapi kami belum bisa perkirakan jumahnya di tahun ini," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...