IHSG Anjlok, OJK Izinkan Emiten Beli Kembali Saham Tanpa RUPS

Rizky Alika
28 Februari 2020, 17:58
Tangkal Penurunan IHSG, OJK Perbolehkan Emiten Buyback Tanpa RUPS.
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Ilustasi layar pergerakan saham di Gedung Bursa Efek Indonesia. Pada perdagangan Jumat (28/2) IHSG anjlok hingga 4,4%. OJK memperbolehkan emiten melakukan emiten melakukan pembelian kembali saham (buyback) meski tanpa RUPS.

Penurunan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) turut menyorot perhatian Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kepala OJK Wimboh Santoso mengatakan, pihaknya telah menyiapkan langkah bila penurunan indeks telah melampaui batas tertentu.

Salah satunya dengan memperbolehkan emiten untuk membeli kembali (buyback) saham yang beredar di publik tanpa melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) apabila IHSG anjlok hingga 8% dalam sehari. Hal tersebut menurutnya telah ditentukan berdasarkan protokol OJK.

”Artinya pada saat turun, (bisa melakukan buyback langsung). Nanti detailnya ada di regulasi,” kata Wimboh di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Jumat (28/2).

(Baca: Sempat Anjlok 4,5%, IHSG Hari ini Akhirnya Ditutup Turun 1,5%)

Menurutnya, indeks tak akan turun tajam seperti pada 2008 silam yang mencapai sekitar 10,3% yang sempat berujung pada penghentian perdagangan. OJK pun tidak menyusun ketentuan pemberhentian perdagangan dalam kondisi apapun.

“Tidak akan ada pemberhentian perdagangan,” ujar dia.

IHSG pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (28/2), ditutup dengan koreksi sebesar 1,5% ke level 5.452,7 setelah sempat turun hingga 4,46% ke level 5.288,37 karena kekhawatiran investor terhadap penyebaran virus corona.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo menyebut turunnya indeks ini disebabkan penyebaran virus corona yang makin meluas dan memakan banyak korban jiwa.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...