Ribuan Pengemudi Ojek Online Demo di DPR Soal Pembatasan Sepeda Motor

Desy Setyowati
28 Februari 2020, 16:21
Ribuan Pengemudi Ojek Online Demo di DPR Soal Pembatasan Sepeda Motor
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ilustrasi, pengemudi ojek daring yang tergabung dalam Gabungan Aksi Roda Dua Indonesia atau Garda melakukan aksi di seberang Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/3/2018).

Ribuan pengemudi ojek online berunjuk rasa di depan gedung DPR terkait pembatasan sepeda motor di jalan nasional. Mereka berencana kembali menggelar demonstrasi jika tak kunjung mendapat tanggapan anggota parlemen.

“Estimasi sekitar 1.000 yang ikut dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek),” kata Ketua Presidium Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Igun Wicaksono kepada Katadata.co.id, Jumat (28/2).

Advertisement

Massa membubarkan diri sekitar pukul 16.00 WIB. Igun berharap akan ada Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) terkait wacana pembatasan sepeda motor di jalan nasional tersebut. “Kalau tidak, kami rencanakan unjuk rasa lagi,” kata Igun.

(Baca: Didemo Ojek Online Soal Maxim, Kemenhub Sebut itu Kewenangan Kominfo)

Demo ojek online itu dipicu usulan Wakil Ketua Komisi V DPR Nurhayati Manoarfah yang akan membatasi sepeda motor di jalan nasional. “Apabila ruang gerak sepeda motor yang notabene digunakan sebagai ojek online dibatasi, sama saja Wakil Ketua Komisi V DPR RI tidak pro kepada rakyat,” katanya.

Para pengemudi ojek online itu menilai Nurhayati seharusnya membantu rakyat Indonesia. Mereka juga menilai parlemen mendapatkan gaji dan mobil dari rakyat, sehingga seharusnya bertindak dan berpendapat mengutamakan kepentingan masyarakat.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement