Erick Thohir Dukung Penghentian Sementara Proyek Kereta Cepat

Image title
2 Maret 2020, 13:51
kereta cepat jakarta bandung, penghentian sementara, virus corona, erick thohir, kementerian bumn
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar
Pekerja menyelesaikan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung "tunnel" atau terowongan 4 di Desa Malangnengah, Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (23/2/2020). Kementerian BUMN dukung penghentian sementara proyek kereta cepat Jakarta Bandung.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung langkah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menghentikan sementara proyek kereta cepat Jakarta-Bandung selama dua minggu, terhitung mulai hari ini, Senin (2/3).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa pihaknya akan mengevaluasi secara menyeluruh perkembangan proyek tersebut.

"Saya sudah meminta PT KCIC untuk mengevaluasi secara menyeluruh segala kekurangan manajerial proyek terutama yang menyebabkan terjadinya kerugian lingkungan dan sosial terhadap masyarakat," kata Erick melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id hari ini.

Selain itu, Erick menyampaikan bahwa pihak KCIC juga sudah melaporkan bahwa dalam 2 minggu ini mereka akan memperbaiki drainase dan manajemen lingkungan. "Tentu segala perkembangan proyek akan kita sampaikan ke publik sebagai bentuk transparansi dan profesionalisme BUMN," ujarnya.

(Baca: Proyek Kereta Cepat Disetop Sementara, Menhub Lakukan Evaluasi)

Sementara itu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) saat ini tengah mengumpulkan informasi terkait dengan penghentian sementara proyek kereta cepat Jakarta - Bandung akibat adanya wabah virus corona atau Covid-19. Hal ini untuk menentukan langkah selajutnya yang akan diambil pemerintah.

Sekertaris Jenderal Kemenhub Djoko Sasono mengatakan saat ini banyak pihak yang memberikan masukan terkait dengan proyek tersebut. Nantinya, masukan-masukan tersebut akan dikomunikasikan secara internal untuk mendapatkan solusi.

"Intinya saat ini kami sedang menjaring dan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk kita mengambil langkahnya lebih lanjut," kata dia di Jakarta, Senin (2/3).

Djoko belum dapat menjelaskan lebih lanjut mengenai langkah yang akan diambilnya. Dia juga belum dapat memperkirakan apakah penghentian proyek akan berdampak pada investasi. "Saya belum bisa mengatakan seperti itu," kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...