Harga Minyak Fluktuatif, Pertamina Belum Putuskan Turunkan Harga BBM

Image title
10 Maret 2020, 18:44
pertamina, harga minyak, BBM
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Ilustrasi, petugas Pertamina melayani konsumen di SPBU Coco Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (21/1/2020). Pertamina belum memutuskan perubahan harga BBM karena pergerakan harga minyak masih fluktuatif.

Pertamina terus memantau pergerakan harga minyak mentah dunia sebelum memutuskan perubahan harga BBM. Sebab, harga komoditas tersebut terus bergerak fluktuatif.

Setelah turun lebih dari 20% pada hari Senin (10/3), harga minyak berhasil rebound pada hari ini. Dilansir dari Bloomberg pada Selasa (10/3) pukul 18.12 WIB, harga West Texas Intermediate (WTI) naik 9,41% menjadi US$ 34,06 per barel dan Brent naik 8,67% enjadi US$ 37,34 per barel.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan pihaknya belum bisa merubah harga BBM. Sebab, perusahaan perlu melihat tren penurunan harga minyak yang bisa berlangsung sementara atau bejangka panjang.

"Kami juga perhatikan faktor lain yang menjadi pembentuk harganya," kata Fajriyah ke Katadata.co.id pada Selasa (10/9).

Sedangkan untuk tambahan impor minyak mentah, Pertamina perlu memperhatikan penyerapan minyak mentah dalam negeri, kapasitas tangki, dan kapasitas pengolahan kilang milik perusahaan. Untuk kapasitas penyimpanan stok minyak mentah milik perusahaan saat ini bisa mencapai 12-15 hari dan kapasitas kilang sekitar 1 juta barel.

(Baca: Dampak Anjloknya Harga Minyak Dunia Terhadap Ekonomi dan Migas RI)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...