IHSG Diramal Turun ke Bawah 5.000, Beberapa Saham Direkomendasikan

Image title
10 Maret 2020, 06:39
ihsg hari ini, saham rekomendasi, saham pilihan, prediksi ihsg,
Arief Kamaludin|KATADATA
IHSG hari ini diramal turun hingga menembus level psikologis 5.000. Analis merekomendasikan beberapa saham yang bisa jadi pertimbangan investor.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) hari ini, Selasa (10/3), diprediksi kembali terkoreksi setelah kemarin anjlok hingga 6,58% ke level terendah sejak akhir Desember 2016 di 5.136,81. Kepanikan investor menjual portofolio di pasar keuangan diperkirakan masih akan terjadi.

"Sentimen selanjutnya masih panic selling yang terjadi pada pasar keuangan dunia," kata analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi dalam riset tertulisnya.

Sentimen lainnya yang mempengaruhi investor hari ini masih seputar langkah intervensi Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC) soal produksi minyak. Selain itu, investor diperkirakan masih menanti langkah Amerika Serikat (AS) dalam menahan aksi menghindari risiko (risk off).

Menurut Lanjar, secara teknikal potensi koreksi IHSG masih menghantui dan belum ada tanda-tanda pembalikan arah atau rebound. "Kalau pun indeks mengalami rebound, hanya percobaan berbalik naik di atas level 5.100," ujarnya.

(Baca: IHSG Ditutup Jatuh 6,58%, Bursa Saham Indonesia Terburuk di Asia)

Sehingga diperkirakan pergerakan IHSG masih cenderung turun alias bearish dengan potensi aksi membeli di saat lemah oleh investor di beberapa saham blue chip yang telah turun signifikan untuk trading jangka pendek. Adapun area support dan resistance IHSG berada di rentang 5.026 - 5.172.

Saham-saham telah turun signifikan dan dapat dicermati secara teknikal di antaranya:
- ACES, Ace Hardware Indonesia
- ASII, Astra International
- BBNI, Bank Negara Indonesia (Persero)
- BBTN, Bank Tabungan Negara (Persero)
- LPPF, Matahari Department Store
- SCMA, Surya Citra Media
- WIKA, Wijaya Karya (Persero)

Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan pun memprediksi indeks dalam negeri masih bakal terkoreksi dengan rentang support di level 5.058 - 4.980. Sedangkan area resistance berada di rentang 5.444 - 5.290.

(Baca: IHSG Anjlok 18,5% Imbas Corona, Emiten Boleh Buyback Saham Tanpa RUPS)

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...