IHSG Diramal Kembali Turun, Ini Saran Analis

Image title
13 Maret 2020, 07:01
IHSG Diramal Kembali Turun, Ini Rekomendasi Analis.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Layar pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (2/3/2019). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari diperkirakan bakal kembali turun.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan akahir pekan ini, Jumat (12/3) diperkirakan kembali bergerak turun. Adapun kemarin, perdagangan pasar saham akhirnya dihentikan sementara (trading halt) karena IHSG anjlok 5,01% ke level 4.895,74.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto menilai, jika perdagangan tidak dihentikan, indeks hari ini ada kemungkinan tergelincir lebih dalam lagi. Penurunan kemarin, menurutnya dipicu oleh adanya kepanikan investor lokal setelah IHSG turun di bawah level support 5.000 akibat beberapa sentimen negatif dari global. 

"Pasar berpotensi kembali turun hari ini, akibat faktor masih adanya kepanikan investor," kata William. 

(Baca: IHSG Anjlok 5,01%, Perdagangan di Bursa Disetop sebelum Penutupan)

Oleh karenanya, dia memperkirakan IHSG  hari ini berpotensi melemah dalam rentang level 4.800 sampai 5.000.

Dia  pun merekomendasikan sejumlah saham untuk dicermati investor pada perdagangan hari ini seperti,  PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN). 

Namun, dia merekomendasikan investor wait and see atau tidak buru-buru membeli atau menjual karena panic sell. 

Senada dengan William, Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan juga memperkirakan indeks saham dalam negeri hari ini akan kembali turun. Secara teknikal, tren pelemahan masih cukup kuat, kendati ada potensi technical rebound jangka pendek.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...