SKK Migas Desak Chevron Mengebor Blok Rokan Tahun Ini

Image title
13 Maret 2020, 14:11
skk migas, pertamina, chevron, blok rokan
Katadata
Ilustrasi, blok migas. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas menyebut pengeboran di Blok Rokan penting untuk meningkatkan produksi minyak.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas khawatir produksi Blok Rokan sulit naik jika tak ada investasi sepanjang 2020. Lembaga tersebut bahkan menawarkan Chevron Pacific Indonesia kepastian pengembalian biaya cost recovery secara cepat agar mau mengebor blok tersebut tahun ini. 

Namun hingga kini belum ada jawaban pasti dari perusahaan minyak asal Amerika Serikat tersebut. "Lagi dievaluasi oleh Chevron," ujar Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurrahman kepada Katadata.co.id, Jumat (13/3).

Advertisement

Tawaran tersebut diberikan kepada Chevron karena Pertamina tak bisa mengebor sekitar 20 sumur di Blok Rokan tahun ini. Padahal, rencana tersebut untuk mendukung target produksi Pertamina di blok tersebut ketika alih kelola pada 2021.

"Kami lihat plus minusnya, compared dengan Pertamina masuk sesuai jadwal. Kalaupun mengebor 100 sumur, tidak signifikan menambah produksinya, tidak nendang istilah orang awam," ujar Fatar.

Dikonfirmasi secara terpisah, Corporate Communication Chevron Pacific Indonesia Sonitha Poernomo menjelaskan perusahaan terus berdiskusi dengan Pertamina agar kesepakatan bisnis terkait transisi Blok Rokan dapat tercapai. Namun, ia belum bisa memberikan secara detail proses diskusi tersebut. 

"Selaku kontraktor, kami mematuhi aturan yang berlaku dimana pun kami beroperasi," kata Sonitha. 

(Baca: Pertamina Ambil Alih Tahun Depan, Produksi Blok Rokan Turun 13%)

Pemerintah sebenarnya telah mendorong agar diskusi antara Pertamina dengan Chevron terkait transisi Blok Rokan dapat rampung pada tahun ini. Meski begitu, kedua perusahaan tak kunjung menyepakati poin yang diajukan dalam diskusi tersebut. 

Nasib Blok Rokan pun diproyeksi sama dengan Blok Mahakam. Ketika diambil alih kelola Pertamina, produksinya turun drastis.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement