Wisma Atlet Tampung Pasien Terinfeksi Virus Corona Mulai Pekan Depan

Dimas Jarot Bayu
19 Maret 2020, 14:37
Wisma Atlet Tampung Pasien Terinfeksi Virus Corona Mulai Pekan Depan
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/foc.
Ilustrasi, seorang warga beraktivitas dengan latar belakang Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Fasilitas untuk isolasi kian dibutuhkan seiring bertambahnya kasus virus corona di Indonesia. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta akan digunakan sebagai tempat penanganan pasien terinfeksi virus corona mulai Senin (23/3).

Langkah itu sesuai dengan keputusan rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini (19/3). "Mulai Senin yang akan datang, Wisma Atlet bisa menampung 1.000 sampai 2.000 pasien," kata Doni melalui video conference, Kamis (19/3).

Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) akan turut menangani pasien terinfeksi virus corona di Wisma Atlet. Kogabwilhan dipilih karena telah berpengalaman dalam menangani observasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang datang dari Wuhan, Tiongkok.

(Baca: Wisma Atlet Bakal Jadi Tempat Isolasi Pasien Positif Virus Corona)

Organisasi itu pun menangani observasi sejumlah kru kapal pesiar World Dream dan Diamond Princess. "Kenapa Kogabwilhan? karena sudah teruji," kata Doni.

Kogabwilhan tak sendirian menangani pasien yang terinfeksi corona di Wisma Atlet. Kementerian Kesehatan bakal membantu Kogabwilhan.

Selain Wisma Atlet, Doni menyatakan bahwa pihak swasta menyanggupi hotel yang mereka miliki digunakan untuk penanganan pasien terinfeksi corona. Hotel-hotel ini digunakan jika fasilitas kesehatan yang dimiliki pemerintah sudah tidak mampu menampung pasien positif corona.

Hotel-hotel yang dimaksud tersebar di Jakarta dan daerah lainnya. Meski demikian, dia tak memerinci jumlah dan lokasi tepatnya. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...