Erick Thohir Minta Bank-bank BUMN Bantu Selamatkan Garuda

Penulis: Muchammad Egi Fadliansyah

Editor: Agung Jatmiko

20/3/2020, 14.16 WIB

Kementerian BUMN mendorong peran Himbara, karena penerbangan merupakan salah satu sektor yang merasakan dampak langsung pandemi virus corona.

Pesawat Garuda di Hangar GMF, Tanggerang, Banten (2/3). Pelemahan nilai tukar dan penyebaran virus corona membuat kinerja Garuda Indonesia tertekan. Kementerian BUMN mendorong Himbara untuk membantu sektor penerbangan.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Pesawat Garuda di Hangar GMF,  Tanggerang,  Banten (2/3). Pelemahan nilai tukar dan penyebaran virus corona membuat kinerja Garuda Indonesia tertekan. Kementerian BUMN mendorong Himbara untuk membantu sektor penerbangan.

Kinerja maskapai penerbangan pelat merah, PT Garuda Indonesia Tbk terpukul pelemahan nilai tukar rupiah. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Menurutnya, operasional Garuda Indonesia saat ini tengah tertekan, tak hanya karena pelemahan nilai tukar rupiah, namun juga karena industri perbankan juga sedang mengalami masa suram karena pandemi corona, yang telah menyebar ke lebih dari 150 negara.

“Tentu ada satu perusahaan berat secara industri. Penerbangan itu global, semua orang bisa lihat,” kata Erick kepada awak media dalam live press conference, Jumat (20/3).

Kondisi Garuda Indonesia, menurutnya akan semakin berat apabila penyelenggaraan umroh dan haji tidak terlaksana tahun ini. Untuk memitigasi kinerja perusahaan yang kian suram, Kementerian BUMN terus berkomunikasi secara intens dengan Garuda Indonesia selama satu bulan terakhir.

Solusi sementara, Erick akan mendorong bank-bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), untuk membantu sektor penerbangan dan industri perhotelan.

Kementerian BUMN mendorong Himbara untuk mencurahkan perhatian yang lebih kepada dua sektor ini, karena keduanya merupakan sektor yang merasakan dampak langsung dari penyebaran virus corona.

“Himbara bantu hotel, penerbangan. Pemerintah akan menjamin dan mendukung penuh,” jelasnya.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah tercatat terus mengalami pelemahan. Hingga berita ini ditulis, nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) di pasar spot tercatat di level 16.130.

Hal serupa juga terjadi di kurs referensi BI, Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), yang tercatat berada di level Rp 16.273 per dollar AS.

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan