KAI Kurangi Jadwal Kereta dari Jakarta, Pengembalian Uang Tiket 100%

Image title
25 Maret 2020, 11:02
Karyawan melayani calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan perjalanan di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (22/3/2020). Penumpang turun dari kereta di Stasiun Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (24/3/2020). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Karyawan melayani calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan perjalanan di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (22/3/2020). Penumpang turun dari kereta di Stasiun Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (24/3/2020). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta melakukan pengurangan jadwal perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Pembatalan tiket bisa dilakukan melalui loket maupun menggunakan KAI Access.

Terhitung sejak Senin (23/3), PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 melakukan pengurangan jadwal perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Dalam siaran pers, Rabu (24/3), KAI menyatakan, ada 19 keberangkatan kereta api (KA) yang dibatalkan, dengan jadwal keberangkatan 23 Maret hingga 1 April 2020. KAI mengungkapkan, KA yang mengalami pembatalan merupakan KA yang memiliki jarak berdekatan.

Karena jarak waktu yang berdekatan, maka calon penumpang memiliki pilihan KA lain, jika memang harus tetap melakukan perjalanan. Namun, jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke KA lain, maka dapat dilakukan pembatalan tiket dengan pengembalian 100%.

Pembatalan tiket dengan pengembalian 100% juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat corona, yaitu 23 Maret-29 Mei 2020.

Secara total terhitung sejak 1 Maret 2020 hingga kini, sekitar 71 ribu tiket keberangkatan sampai dengan 90 hari kedepan telah dilakukan proses pembatalan, baik melalui loket stasiun dan jalur online.

(Baca: Cegah Corona Meluas, Pemerintah Pertimbangkan Larangan Mudik Lebaran)

Guna menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun, terutama di dua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh, yakni Stasiun Gambir dan Pasar Senen, KAI Daop 1 Jakarta menginformasikan bahwa pembatalan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...