Usai Anjlok 37% Sejak Awal Tahun, IHSG Hari ini Ditutup Naik 10%

Image title
26 Maret 2020, 17:07
ihsg, bursa efek indonesia, bursa, saham
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pd.
Ilustrasi, warga melintas di samping layar yang menampilkan infornasi pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (13/3/2020). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis (26/3) ditutup menguat 10% menjadi 4.338,9.

Indeks harga saham gabungan atau IHSG pada perdagangan Kamis (26/3) ditutup meroket hingga 10,19% menyentuh level 4.338,9. Kenaikan itu cukup signifikan di tengah indeks saham yang anjlok hingga 37,49% sejak awal tahun.

Kenaikan IHSG menjadi yang paling besar dibandingkan dengan bursa-bursa di Asia lainnya pada hari ini. Seperti bursa Jepang Nikkei 225 yang hari ini ditutup turun hingga 4,51% dan bursa Hong Kong Hang Seng yang juga turun 0,74%.

Begitu pun dengan bursa Tiongkok Shanghai Composite yang ditutup turun 0,6%. Kemudian, bursa Singapura Strait Times turun 0,96%.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo mengatakan bahwa kinerja indeks hari ini lantaran kemarin bursa saham dunia naik signifikan, sedangkan perdagangan saham dalam negeri libur memperingati Hari Raya Nyepi.

"Bursa-bursa utama dunia mencatatkan kenaikan tajam, terutama di AS (Amerika Serikat) karena solusi pemberian insentif ekonominya sudah disetujui. IHSG juga mengikuti pola pergerakan indek dunia," kata Laksono.

(Baca: Dipimpin Saham BCA dan Unilever, IHSG Sesi I Melonjak Hampir 11%)

Pemerintah AS dengan senat sepakat menyuntikan stimulus ekonomi sebesar US$ 2 triliun atau sekitar Rp 32.600 triliun (kurs Rp 16.300/US$). Usai kesepakatan tersebut, indeks di negara Paman Sam tersebut bergerak menguat secara signifikan.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...