Google Sediakan WiFi Gratis di AS Akibat Pandemi, Di Indonesia Kapan?

Cindy Mutia Annur
3 April 2020, 12:39
Google Sediakan WiFi Gratis di AS Akibat Pandemi, Di Indonesia Kapan?
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Ilustrasi, seorang pria membuka laman Google dari gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Google menyediakan program 100 ribu Wireless Fidelity alias WiFi gratis untuk pelajar di perdesaan California, Amerika Serikat (AS) selama tiga bulan. Hal ini merupakan upaya untuk mendukung kebijakan jaga jarak fisik (physical distanding) guna menakan penyebaran pandemi corona.

Perusahaan AS itu tidak memerinci apakah layanan serupa akan hadir di negara lain, termasuk Indonesia. "Ada beberapa inisiasi (edukasi) yang tengah kami bicarakan. Semoga minggu depan ada kabar lagi," ujar Corporate Communication Google Indonesia Jason Tedjasukmana kepada Katadata.co.id, Jumat (3/4).

Advertisement

Selain menyediakan WiFi gratis, Google memberikan 4 ribu Chromebook gratis bagi para pelajar di AS. Hal ini merupakan bentuk dukungan perusahaan terhadap para pelajar di perdesaan yang belajar dari rumah karena pandemi corona. 

(Baca: Bantah Trump, Google Tidak Kembangkan Situs Pengujian Virus Corona)

EdSource melaporkan bahwa 20% siswa di California tidak dapat mengakses internet. Donasi dari Google ini, menurut Dewan Pendidikan Negara Bagian California Linda Darling-Hammond, diprediksi dapat memangkas separuh dari angka itu. 

Google mengatakan, perusahaan berkolaborasi dengan Gubernur California Gavin Newsom dalam menyalurkan donasi tersebut. Hal ini untuk menjembatani kesenjangan digital di negara bagian itu.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement