Sebut Tarif Internet Turun, Google Setop WiFi Gratis di Indonesia

Cindy Mutia Annur
19 Februari 2020, 07:43
Setop WiFi Gratis di Indonesia, Google Sebut Tarif Internet Turun
Arief Kamaludin (Katadata)
Ilustrasi Google

Google berencana menghentikan layanan Wireless Fidelity atau WiFi gratis di Indonesia pada akhir tahun ini. Salah satu alasannya, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu menilai harga paket data atau internet di Tanah Air sudah turun.

Selain di Indonesia, Google menghentikan program WiFi gratis alias Google Station di India. Perusahaan teknologi itu mencatat, tarif internet di negara itu mulai turun.

“Saya tidak tahu di Indonesia bagaimana, tetapi sepertinya harga datanya juga turun," ujar Head of Corporate Communications Google Indonesia Jason Tedjasukmana di Jakarta, Selasa (18/2).

Ia mengatakan, Google Station bertujuan membantu penyedia jasa internet (ISP) memiliki koneksi yang lebih cepat. Utamanya, program ini menyasar negara-negara yang koneksi internetnya terbatas seperti India, Indonesia, dan Meksiko.

(Baca: ASPI: Pakai Wifi Gratis untuk Transaksi Perbankan Berbahaya)

Selain karena tarif internetnya yang mulai turun, Google menilai teknologi semakin berkembang. Karena itu, perusahaan menghentikan layanan WiFi gratis.

Google juga belum memiliki program penggantinya di Indonesia. Namun, ada beberapa produk yang bisa menjadi alternatif pengganti Google Station seperti YouTube Go, Maps Go, atau Google Go.

Ukuran aplikasi-aplikasi tersebut relatif kecil. Konsumsi datanya juga lebih sedikit dibanding aplikasi regular. Sebagian besar juga bisa diterapkan di ponsel entry-level yang RAM-nya kisaran satu hingga 1,5 gigabyte.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...