IHSG Diprediksi Cenderung Menguat, Namun Rawan Terjadi Profit Taking

Image title
3 April 2020, 07:38
Ilustrasi, pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada perdagangan Jumat (3/4), indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi akan melanjutkan penguatan, namun diiringi dengan potensi adanya profit taking.
/home/ubuntu/Pictures/antarafoto/cropping/production/original/ANT20190926140.jpg
Ilustrasi, pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada perdagangan Jumat (3/4), indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi akan melanjutkan penguatan, namun diiringi dengan potensi adanya profit taking.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat (3/4) diprediksi mampu melanjutkan penguatan, yang telah diraih sehari sebelumnya.

"Walaupun penguatan berlanjut kembali, perlu diperhatikan bahwa penguatan ini diiringi dengan net sell asing, sehingga rawan profit taking," kata analis Panin Sekuritas William Hartanto dalam riset tertulisnya.

Adanya kemungkinan aksi profit taking, membuat William memprediksi IHSG akan bergerak mix dengan kecenderungan menguat di rentang level support 4.400 dan resistance 4.760.

Beberapa saham yang direkomendasikan oleh William untuk investor pada perdagangan hari ini didominasi oleh saham sektor konsumer. Saham-saham tersebut antara lain, PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), PT indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dan PT Indosat Tbk (ISAT).

Kencenderungan penguatan IHSG juga diutarakan oleh analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama. Ia melihat dari sisi teknikal, IHSG memiliki peluang yang cukup bagus untuk melanjutkan penguatan.

"Ada potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat, " ujar Nafan.

(Baca: IHSG Ditutup Menanjak 1,47% Meski Asing Masih Lepas Saham)

Berdasarkan analisis secara teknikal, Nafan memprediksi area resistance pertama IHSG berada di level 4.697,67 dan area resistance kedua berada di level 4.883,15. Artinya, jika pergerakan IHSG mampu menembus resistance pertama, maka peluang untuk menuju level resistance kedua bisa dicapai.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...