Sebanyak 51 Anak Usaha Milik Garuda, Pertamina & Telkom akan Dipangkas

Image title
3 April 2020, 15:19
Ilustrasi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Kementerian BUMN berencana meleburkan dan melikuidasi 51 anak usaha dari tiga perusahaan BUMN, yakni Garuda Indonesia, Pertamina dan Telkom.
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Kementerian BUMN berencana meleburkan dan melikuidasi 51 anak usaha dari tiga perusahaan BUMN, yakni Garuda Indonesia, Pertamina dan Telkom.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan meleburkan dan melikuidasi 51 anak usaha dari tiga perusahaan, yakni PT Garuda Indonesia Tbk, PT Pertamina dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

Langkah ini dilakukan, karena banyak anak atau cucu usaha perusahaan BUMN memiliki kesamaan portofolio dan juga kurang optimal memberikan nilai tambah bagi perusahaan induk.

Good Corporote Governance fokus pada core business dan efisiensi yang berkelanjutan. Proses bisnis yang benar harus diutamakan daripada project base,” kata Menteri BUMN Erick Tohir dalam video conference, Jumat (3/4).

Ia menjelaskan, proses penyederhanaan sebenarnya sudah dilakukan sejak akhir 2019 dan terus berjalan hingga saat ini.  Harapannya, rasionalisasi dapat menghasilkan peningkatan efektivitas operasional dan tata kelola bisnis yang optimal guna memberikan nilai tambah bagi Negara.

Dalam prosesnya, Erick menekankan kepada perusahaan BUMN, untuk sebisa mungkin meminimalisir pengurangan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM).

Oleh karena itu, masing-masing BUMN ia instruksikan, untuk segera menyiapkan strategi dan skenario rasionalisasi atau konsolidasi terhadap karyawan. Salah satu caranya, melalui optimalisasi dan alih tugas antar anak usaha maupun dengan induk.

"Kita akan terus berkoordinasi dengan masing-masing BUMN guna memastikan bahwa proses ini dijalankan dengan berpedoman pada Undang-Undang Ketenagakerjaan serta peraturan lain yang berlaku," ujar Erick.

(Baca: Erick Thohir Bakal Merger atau Likuidasi BUMN dengan Bisnis Tak Jelas)

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan akan melikuidasi dan divestasi 25 anak dan cucu perusahaan.

Ia menjelaskan tahun ini, perusahaan akan melikuidasi tujuh perusahaan dan divestasi satu perusahaan. Sedangkan, proses likuidasi dan divestasi 17 perusahaan lainnya akan dilakukan tahun depan.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...