ExxonMobil dan PEPC Perketat Kegiatan Hulu Migas untuk Cegah Covid-19

Image title
7 April 2020, 15:21
blok migas, blok cepu, exxonmobil, pertamina
Katadata
Ilustrasi, blok migas. Pertamina dan ExxonMobil menjalankan protokol Covid-19 dalam kegiatan hulu migas di Kabupaten Bojonegoro.

Pandemi virus corona ternyata tak menganggu kegiatan ExxonMobil dan Pertamina. Biarpun, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah sempat meminta pekerja migas di luar wilayah tersebut dipulangkan demi mencegah Covid-19.

ExxonMobil memang mengoperasikan Blok Cepu yang berada di Bojonegoro. Begitu pula dengan Pertamina yang mengembangkan proyek Jambaran Tiung Biru (JTB)

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno membenarkan adanya surat imbauan dari Bupati Bojonegoro terkait pekerja migas yang berasal dari luar Bojonegoro. Namun, SKK Migas telah berkomunikasi dengan pemerintah setempat supaya kegiatan hulu migas berjalan lancar.

"Sudah kami klarifikasi dan tidak masalah," kata Julius ke Katadata.co.id pada Jumat (3/4). 

Menurut dia, pekerja ExxonMobil dan Pertamina yang berasal dari luar Bojonegoro harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Misalnya, mengikuti karantina sebelum bekerja di proyek migas yang ada di Bojonegoro.

"Untuk menciptakan save working space dan antisipasi isolated room in case terjadi outbreak, maka kami lebih selektif dan seksama saja," ujar dia.

(Baca: Peningkatan Produksi Minyak Blok Cepu Terganjal Revisi Amdal dari KLHK)

Vice President Public and Government Affairs ExxonMobil Indonesia Azi N. Alam mengatakan pihaknya telah mengambil beberapa langkah dalam mendukung usaha pemerintah meminimalisir dampak virus corona. Salah satunya memberikan informasi terkini dan panduan kepada para pekerja.

ExxonMobil juga memeriksa suhu badan pekerja dan pengunjung, serta membatasi rencana perjalanan bisnis. Perusahaan pun menguji coba kebijakan Work From Home (WFH).

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan, Febrina Ratna Iskana
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...