Kementerian ESDM Perbaiki Kualitas Data Panas Bumi Demi Investasi EBT

Image title
7 April 2020, 17:30
esdm, energi baru terbarukan, ebt, investasi
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kementerian ESDM akan memperbaiki kualitas data panas bumi untuk meningkatkan investasi energi baru terbarukan (EBT).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM ingin meningkatkan kualitas data panas bumi. Hal itu untuk menarik investasi pada sektor energi baru terbarukan (EBT).

Berdasarkan data Kementerian ESDM, pemanfaatan energi panas bumi baru sebesar 2,1 gigawatt atau 8,9% dari potensi sebesar 23,9 GW. Hal itu lantaran resiko dan biaya yang tinggi dalam pengembangan proyek panas bumi.

Advertisement

Direktur Panas Bumi Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari menjelaskan Menteri ESDM Arifin Tasrif telah memberikan arahan agar Badan Geologi meningkatkan kualitas data geosains melalui akuisisi data dan pengeboran eksplorasi. Adapun pengembangan data tersebut meliputi kegiatan survei geologi, survei geokimia, survey geofisika (gravity and magnetotellurik), survei landangan suhu, sampai pengeboran sumur eksplorasi.

Hal itu sejalan dengan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2014 tentang Panas Bumi dan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2017 tentang Panas Bumi untuk Pemanfaatan Tidak Langsung. Ketentuan tersebut berbunyi, Menteri ESDM dapat melaksanakan survei pendahuluan dan eksplorasi untuk menetapkan wilayah kerja panas bumi (WKP).

Selain itu, Menteri ESDM dapat melaksanakan penambahan data pada wilayah panas bumi melalui kegiatan survei geosains, survei landaian suhu, pengeboran uji dan/atau pengeboran sumur eksplorasi. "Pengembangan panas bumi memiliki tingkat risiko yang berbeda di setiap tahapan. Ketersediaan data geosains sebelum pengeboran eksplorasi panas bumi menentukan tingkat keberhasilan pengeboran sumur panas bumi," kata Ida kepada Katadata.co.id, Selasa (7/4).

(Baca: Kementerian ESDM Masih Bahas Aturan Biaya Eksplorasi Panas Bumi)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement