Ramalan Beragam IHSG Ditekan Aksi Jual Asing, Berikut Saham Pilihannya

Image title
8 April 2020, 06:23
ihsg hari ini, prediksi ihsg, ramalan ihsg, rekomendasi saham, saham pilihan
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pd.
IHSG hari ini, Rabu (8/4), diprediksi bergerak bervariasi dengan kecenderungan naik. IHSG masih dalam tekanan jual investor asing yang telah membukukan net sell saham Rp 11,82 triliun di seluruh pasar.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Rabu (8/4) diramal bergerak bervariasi dengan kecenderungan naik. Adapun, indeks kemarin ditutup turun 0,69% ke level 4.778,64.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto menilai, IHSG hari ini bakal kembali bergerak fluktuatif dengan kecenderungan naik. Menurutnya, sentimen internal masih dari aliran modal asing keluar oleh investor asing yang tercatat melakukan penjualan pada saham-saham di dalam negeri.

Advertisement

Sepanjang tahun ini, atau secara year to date (ytd), investor asing membukukan penjualan bersih (net sell) saham di pasar reguler hingga Rp 14,74 triliun. Walaupun di pasar negosiasi/tunai investor asing masih memiliki catatan positif, yakni pembelian bersih (net buy) Rp 2,92 triliun

Secara teknikal dia memprediksi IHSG akan bergerak dengan rentang 4.697 hingga 5.000. "Namun kami melihat, bagaimana IHSG masih berkorelasi dengan indeks bursa luar negeri khususnya Amerika Serikat (AS). Sehingga masih ada peluang kenaikan IHSG ke depannya," kata William.

(Baca: Investor Asing Jual Saham Rp 404,2 Miliar, IHSG Ditutup Turun 0,69%)

Beberapa saham yang menjadi rekomendasi William untuk diperhartikan oleh investor, di antaranya:
- ELSA, Elnusa;
- INKP, Indah Kiat Pulp and Paper;
- LSIP, PP London Sumatra Indonesia;
- PNBN, Bank Pan Indonesia.

Senada, analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan memprediksi IHSG bergerak naik. Berdasarkan analisis teknikalnya, IHSG masih berpotensi naik dalam jangka pendek. Meski begitu, indeks masih tetap rentan mengalami koreksi.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement