Pemerintah Luncurkan Kartu Prakerja Hari Ini, Begini Cara Mendaftarnya

Image title
11 April 2020, 11:45
cara pendaftaran kartu pra kerja, kartu pra kerja
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pekerja atau buruh pada sebuah pabrik sepatu di Tangerang, Banten. Para calon pekerja bisa mendapatkan bantuan hingga Rp 3,5 juta per bulan melalui kartu pra kerja yang akan dibuka pendaftarannya hari ini, Sabtu (11/4).

Pemerintah resmi membuka pendaftaran Kartu Prakerja hari ini, Sabtu (11/4). Peluncuran kartu ini dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yakni pada minggu kedua bulan April 2020 sekaligus untuk membantu perekonomian masyarakat di tengah pandemi virus corona.

Sedianya pemerintah melakukan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja Kamis (9/4). Namun ditunda karena kendala teknis pada situs pendaftaran Kartu Prakerja. "Penundaan diambil agar masyarakat tak kecewa karena pelayanan kurang maksimal," ujar Direktur Komunikasi Program Kartu Prakerja Panji Winanteya.

Advertisement

Bagi masyarakat yang membutuhkan kartu ini dapat melakukan pendaftaran secara online melalui situs www.prakerja.go.id . Cara mendaftar kartu ini sangat mudah, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disediakan pada website tersebut.

Langkah pertama bagi calon peserta harus melakukan aktivasi akun dengan mendaftarkan email atau nomor ponsel pada kolom yang telah disediakan lalu klik menu daftar. Setelah itu, pilih metode verifikasi yang dapat dilakukan melalui email atau SMS.

(Baca: Sektor Usaha Dilanda PHK, Pemerintah Luncurkan Kartu Prakerja 11 April)

Setelah kode verifikasi diterima, apabila telah sesuai maka pendaftaran calon peserta telah berhasil mendaftar akan muncul dengan notifikasi resmi. Jika akun telah aktif dan tercatat dalam website, kemudian langkah selanjutnya yaitu melakukan pendaftaran lanjutan sebagai peserta Kartu Prakerja.

Caranya, login menggunakan akun yang telah dibuat di langkah sebelumnya. Lalu pilih menu daftar Kartu Prakerja, kemudian isi data yang diminta secara lengkap sesuai dengan kondisi saat ini.

Setelah selesai mengisi data dengan benar dan lengkap, klik selanjutnya. Kemudian calon peserta akan diminta untuk melakukan dan menyelesaikan Tes Kemampuan Dasar (TKD) sebagai syarat yang harus terpenuhi. Setelah selesai, klik selesai dan selanjutnya akan menerima notifikasi yang tertera di akun Kartu Prakerja.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement