Tertekan Harga Minyak, Pertamina Tunda Pengeboran Sumur Eksplorasi

Image title
16 April 2020, 14:52
Ilustrasi, Kilang Balikpapan. Imbas anjloknya harga minyak, PT Pertamina memutuskan menunda pengeboran sumur baru dan mengurangi kapasitas pengolahan kilang, salah satunya Kilang Balikpapan.
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, Kilang Balikpapan. Imbas anjloknya harga minyak, PT Pertamina memutuskan menunda pengeboran sumur baru dan mengurangi kapasitas pengolahan kilang, salah satunya Kilang Balikpapan.

Anjloknya harga minyak mentah dunia telah menyebabkan sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) tertatih-tatih. PT Pertamina pun tak luput dari kondisi sulit yang didera sektor migas.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, imbas dari anjloknya harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) telah berdampak pada sektor hulu hingga di atas 40%. Oleh karena itu, Pertamina bakal melakukan sejumlah langkah efisiensi, dengan menunda beberapa kegiatan pengeboran baru tahun 2020.

Adapun, Pertamina bakal menunda pengeboran sumur baru atau eksplorasi, serta tetap melanjutkan kegiatan perawatan sumur kerja ulang di tahun ini. Namun, Nicke tidak merinci secara detail berapa jumlah sumur baru yang bakal ditunda.

"Sumur eksisting dioperasikan dengan efisiensi, eksplorasi sumur baru kami tunda. Ini satu langkah untuk menurunkan biaya investasi dan produksi sesuai target," kata Nicke dalam rapat bersama Komisi VI DPR lewat video conference, Kamis, (16/4).

Di samping itu, Pertamina juga bakal menurunkan kapasitas pengolahan kilang dengan menyesuaikan kondisi demand hingga 15%. Misalnya pada April 2020, Pertamina telah menghentikan kegiatan operasi pada Kilang Balikpapan.

(Baca: Akibat Pandemi Pertamina EP Tunda Pengeboran Satu Sumur Tahun Depan)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...