Harga Minyak Dunia Anjlok, Pemerintah Masih Kaji Penurunan Harga BBM

Image title
20 April 2020, 14:53
harga minyak dunia, harga bbm, kementerian esdm, bahan bakar minyak
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Ilustrasi. Pemerintah mempertimbangkan sejumlah faktor dalam menyesuaikan harga BBM domestik.

Harga minyak dunia anjlok ke level US$ 15 per barel, terendah dalam 19 tahun terakhir.  Kendati demikian, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan masih mengevaluasi dampak perubahan harga minyak dunia terhadap harga bahan bakar minyak  atau BBM domestik. 

"Terkait harga BBM, saat ini pemerintah masih mencermati dan mengevaluasi terkait perkembangan harga minyak, termasuk rencana pemotongan produksi minyak OPEC+ mulai bulan depan," ujar Kepala Biro Komunikasi Kementerian ESDM Agung Pribadi, Senin (20/4).

Agung  menjelaskan,  konflik minyak antara negara OPEC dan non-OPEC yang terjadi sejak awal Maret membuat pasokan berlimpah dan menyebabkan penurunan harga minyak dunia. Namun, pada April ini telah terjalin kesepakatan antara OPEC+ dan negara produsen lainnya untuk melakukan pemangkasan produksi sebesar 9,7 juta barel per hari.

Meski demikian, hasil perundingan tersebut ternyata belum memberi efek perubahan harga minyak. Ini lantaran permintaan minyak juga menurun imbas pembatasan aktivitas yang terjadi di seluruh dunia akibat pandemi virus corona. 

(Baca: Terendah dalam 19 Tahun, Harga Minyak Dunia Anjlok ke US$ 15 / Barel)

Selain itu, terdapat faktor pertimbangan lain yang perlu dicermati dalam menyesuaikan harga BBM yakni penurunan konsumsi domestik dan nilai tukar rupiah yang terus melemah. Ia mencontohkan penurunan konsumsi BBM di Jakarta mencapai hingga 50%.

Di sisi lain, pemerintah juga terus memonitor perkembangan penurunan harga jenis bahan bakar umum, seperti Petramax yang telah dilakukan dua kali pada awal tahun ini "Saat ini harga BBM Indonesia masih merupakan salah satu yang termurah di Asia Tenggara dan beberapa negara di dunia lainnya," kata dia.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...