SKK Migas Kukuh Minta Pertamina Mengebor 100 Sumur di Blok Rokan

Image title
22 April 2020, 19:25
skk migas, pertamina, blok rokan
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, gedung Pertamina Pusat, Jalan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020). SKK Migas tetap meminta Pertamina mengebor 100 sumur di Blok Rokan pada tahun depan. Meskipun, perusahaan pelat merah itu menyatakan hanya sanggup mengebor 44 sumur.

SKK Migas meminta Pertamina mengebor 100 sumur baru di Blok Rokan pada 2021. Hal itu untuk menahan penurunan produksi blok migas yang berada di Riau tersebut. 

Wakil Kepala SKK Migas Fatar Yani Abdurahman mengatakan laju penurunan produksi Blok Rokan baru bisa ditahan dengan pengeboran minimal 100 sumur. Di sisi lain, Pertamina hanya berencana mengebor 44 sumur.

"Kalau sampai akhir Juli 2021 saja Chevron bisa 100-an sumur dengan lima rig, harusnya Pertamina bisa dengan 13 rig minimal," kata Fatar kepada Katadata.co.id, Rabu (22/4).

Lebih lanjut, menurut Fatar, Pertamina belum menyampaikan rencana pengeboran di Blok Rokan. Dengan begitu, SKK Migas belum bisa menghitung laju produksi di blok tersebut jika Pertamina hanya mengebor 44 sumur.

Di samping itu, pihaknya bersama Chevron Pacific Indonesia berusaha merampungkan proses administrasi untuk memulai pengeboran pada tahun ini. Adapun nilai investasi kegiatan itu mencapai US$ 152 juta atau setara Rp 2,38 triliun.

"Mudah-mudahan minggu ini selesai sebelum dibawa ke Kementerian ESDM," kata dia.

(Baca: SKK Migas: Chevron Siapkan Rp 2,38 Triliun untuk Mengebor Blok Rokan)

Pertamina sebelumnya menyatakan bakal mengebor 44 sumur baru di Blok Rokan mulai Agustus 2021. Perusahaan pelat merah itu beralasan waktu yang sempit tak memungkinkan perusahaan mengebor lebih banyak.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...