Pertamina Putuskan Mengebor 44 Sumur Blok Rokan Tahun Depan

Image title
6 April 2020, 12:19
pertamina, chevron, blok rokan, produksi migas
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, gedung Pertamina Pusat, Jalan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (14/1/2020). Pertamina berencana mengebor 44 sumur di Blok Rokan pada tahun depan.

Pertamina berencana memulai pengeboran Blok Rokan pada tahun depan. Hal itu untuk menahan laju penurunan produksi ketika alih kelola dari Chevron Pacific Indonesia (CPI).

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman megatakan pihaknya akan menerima kelola Blok Rokan pada Agustus tahun depan. "PT Pertamina Hulu Rokan akan mengebor sekitar 44 sumur pada 2021," kata Fajriyah kepada Katadata.co.id, Senin (6/4).

Pengeboran tersebut lebih sedikit dari target Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dalam satu tahun. Wakil Kepala SKK Migas Fataryani Abdurrahman mengatakan Chevron bisa mengebor minimal 100 sumur.

Pengeboran akan dimulai paling cepat November 2020 hingga proses alih kelola pada Agustus 2021. "Paling tidak pas handover sudah dibor kalau bisa minimal kurang lebih 100 sumur infill (sisipan)," kata Fatar beberapa waktu lalu.

Menurut Fatar, rencananya akan ada lima hingga 10 rig yang beroperasi untuk melaksanakan pengeboran tersebut. Dana investasi pun akan disediakan oleh Chevron dan dikembalikan oleh pemerintah sesuai skema kontrak cost recovery.

(Baca: Tak Ada Transisi, Pertagas Tetap Bangun Pipa Minyak di Blok Rokan)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...