Kominfo Gelar Program Bangun Startup untuk Bantu Penanganan Corona

Cindy Mutia Annur
23 April 2020, 20:38
johnny plate, menkominfo, startup
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Menteri Kementerian Kominfo Johnny G. Plate menilai berbagai startup di daerah memiliki potensi untuk melakukan inisiatif sosial untuk membantu penanganan pandemi corona.

Kementerian Komunikasi dan Informatika dan platform investasi dan inovasi TechStars bakal menggelar program  membangun startup di enam sektor guna membantu penanganan pandemi corona. Keenam sektor itu, di antaranya yakni kesehatan, populasi rentan, komunitas, bisnis, edukasi, dan hiburan. 

Menteri Kementerian Kominfo Johnny G. Plate menilai berbagai startup di daerah memiliki potensi untuk melakukan inisiatif sosial bersama pemerintah daerah, kementerian dan lembaga swadaya masyarakat dalam penanganan pandemi corona. Ini termasuk penyediaan masker dan alat pelindung diri, pelatihan kerja, serta membantu mempermudah akses masyarakat terhadap kebutuhan primer di saat ini.

"Saya percaya, tak hanya mereka, kalian pun akan menjadi penggerak inovasi-inovasi baru bagi Indonesia di masa pandemi ini,” ujar Johnny dikutip dari siaran pers, Kamis (23/4).

Program bernama Global Online Startup Weekend in akan digelar pada 24-26 April bersama penggerak ekosistem startup digital di Indonesia, KUMPUL. Kominfo pun berkolaborasi dengan mitra jaringan coworking di berbagai daerah yaitu Impala Network dari Semarang, Ngalup.co dari Malang, MeetUp Coworking dari Pekanbaru, CreateIt dari Bandung, SatuTampa dari Manado, dan StartupBorneo dari Banjarmasin.

(Baca: 4 Operator Telekomunikasi Ramal Trafik Data Selama Ramadan Naik 20%)

Co-founder & CEO KUMPUL Faye Alund mengatakan, instansinya telah menggerakkan jejaring coworking dan komunitas di 28 kota untuk mengikuti program ini. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 60 negara termasuk Indonesia yang bergabung menjalankan program tersebut. 

Faye melihat peran pelaku coworking di daerah sangat penting sebagai penggerak komunitas dan ekosistem startup. "Di minggu terakhir sebelum pendaftaran ditutup, sudah ada lebih dari 1.000 pendaftar dari seluruh Indonesia” ujar Faye.

Ia melanjutkan, dalam waktu 54 jam maka seluruh peserta akan membangun startup pada enam fokus sektor yang telah ditetapkan. Tak hanya itu, menurut Faye, proses membangun startup ini akan dibimbing oleh lebih dari 30 pembicara dan mentor dari berbagai bidang.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...