Pasar Saham Lesu Imbas Pandemi Corona, BUMN Tahan Diri untuk IPO

Image title
28 April 2020, 15:23
ipo bumn, pandemi corona, kementerian bumn
Arief Kamaludin|KATADATA
Beberapa perusahaan pelat merah telah menyatakan niatnya untuk IPO, namun Kementerian BUMN menahan rencana tersebut hingga pasar kondusif.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menahan perusahaan pelat merah untuk melantai di pasar modal dalam waktu dekat. Padahal, beberapa BUMN sudah berencana melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO).

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan, salah satu pertimbangannya adalah kondisi pasar saham yang sedang lesu imbas. "Kita lihat saja nanti kondisi market seperti apa," katanya kepada Katadata.co.id beberapa waktu lalu.

Advertisement

Beberapa anak atau cucu usaha BUMN sebenarnya sudah menyampaikan rencana untuk melantai di bursa saham. Salah satunya adalah PT Adhi Commuter Properti yang sudah menyampaikan rencana IPO sejak Februari 2020 lalu.

Anak usaha PT Adhi Karya Tbk (ADHI) ini berencana menawarkan 30% sahamnya kepada publik, dengan target raihan dana hingga Rp 2,5 triliun. Namun, rencana tersebut sepertinya mundur dari target waktu pelaksanaan yang sudah ditetapkan oleh Perseroan, yaitu triwulan II-2020.

(Baca: BEI: 29 Perusahaan Antre IPO, Mayoritas dari Sektor Properti)

"Dengan memperhatikan kondisi ekonomi dan kondisi market saat IPO kami luncurkan, rencana IPO yang sedianya akan kami lakukan di triwulan II tahun ini, kami undur," kata Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, dan SDM Adhi Commuter Mochamad Yusuf kepada Katadata.co.id.

Sayangnya Yusuf tidak mengungkapkan kapan target pelaksanaan IPO ini terealisasi. Dia hanya berharap bahwa pandemi Covid-19 segera berakhir dan ekonomi berjalan dengan baik sehingga bisa merealisasikan IPO sesegera mungkin. "Masih lihat kondisi pasar sih. Mudah-mudahan bisa stabil secepatnya," kata Yusuf menambahkan.

BUMN lain yang berminat untuk IPO yaitu PT Pegadaian (Persero). Meski begitu, perusahaan tidak memiliki target waktu khusus karena masih ingin mempercantik kinerja, seperti yang disampaikan oleh Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto pertengahan Februari lalu.

Pihak Bursa Efek Indonesia (BEI) sebenarnya berharap bahwa ada perusahaan pelat merah yang bisa melantai di pasar modal tahun ini. Untuk bisa menarik BUMN, Bursa mengaku terus melakukan pendekatan dengan Kementerian BUMN, baik melalui komunikasi formal maupun non-formal.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement